Tulisan Pertama Di 2016

Hasil gambar untuk resolusi
"Eh De, resolusi lo di tahun 2016 apaan ?"

"Oh.. Kalo elo ?"

"Kalo elo ?"

"Elo ?"

"Eh Lilis, mau gak cium aku ?"

*PLAK!!!*
"........"

Selain tamparan Lilis barusan, ada satu hal yang membuat Dede sedikit penasaran akhir-akhir ini. Satu hal yang menurutnya bisa merubah hidupnya, pola pikirnya, dan juga semangatnya. Satu hal itu, biasa Dede sebut sebagai resolusi.
Dede emang lagi penasaran sama yang namanya resolusi. Saking penasarannya, setiap ada orang lewat di depannya, pasti langsung ditanya resolusi nya apaan. Pernah waktu itu Dede gak sengaja mergokin maling yang lagi ngambil barang-barang dari rumahnya. Dengan wajah kaget dan panik, Dede langsung mengejar maling itu dengan susah payah. Setelah berhasil menangkapnya, Dede langsung menanyakan resolusi si maling tersebut, lalu melepaskannya kembali dengan keadaan tangan si maling memegang Kulkas dan tv 64 inch.
Iya, rasa penasaran yang dimiliki Dede memang mengalahkan segalanya, termasuk hartanya.

Eh iya, gara-gara nyeritain ulah si Dede. Gue jadi kepikiran, kan, buat ngejelasin segala sesuatu yang gue tau tentang resolusi di postingan ini.
Tapi sebelumnya, ada yang tau resolusi itu apa ?
Kalo menurut gue, resolusi adalah tentang cara kita menyiapkan sesuatu dengan matang, dan melaksanakannya dengan jitu. Dengan kata lain, resolusi adalah target. Target yang harus dicapai tahun ini. Target yang tentunya juga harus disertai dengan tekad yang kuat, agar hasilnya bisa maksimal.
Makanya, bikin resolusi itu gak boleh main-main. Atau bahkan jangan malah nganggap resolusi cuma bagian dari formalitas tahun baru. Huft.
Dan juga, jangan pernah menganggap resolusi yang lo bikin bakalan jadi wacana. Karena apapun yang kita pikirkan, itu lah yang bakal terjadi. Jadi, ya, kalo lo ngerasa resolusi yang lo buat kayaknya bakalan jadi wacana, nantinya lo malah gak akan bisa ngejalanin dengan yakin. Dan hasilnya, resolusi lo itu bakalan beneran jadi wacana. Lagi.
Terus, gimana sih caranya biar resolusi yang kita bikin gak akan jadi wacana ?
Kemarin gue baru aja melakukan survei penting ke beberapa siswa di TK Salero Bundo. Gue menanyakan tentang gimana caranya agar resolusi yang kita bikin, bisa berjalan sukses dan gak akan jadi wacana. Hasilnya, dari 100 anak yang gue tanya, rata-rata jawaban mereka begini,
1. Awali Dengan Niat
Hasil gambar untuk awali dengan niat
Karena gue percaya, semua yang dilakukan dengan niat, hasilnya pasti memuaskan. Niat itu penting untuk menambah tekad. Tanpa niat, kita gak akan bisa sungguh-sungguh ngejalaninnya. Jadi, coba tanya diri lo, apakah udah niat untuk ngejalanin resolusi di tahun ini ?
2. Jangan Lupa Berdoa
Hasil gambar untuk berdoa kartun
Setelah niat, tentunya kita harus berdoa. Dapet restu dari diri sendiri emang perlu, tapi dapet restu dari Allah swt itu lebih perlu. Berdoalah biar resolusi lo di tahun ini, bakalan bisa berjalan mulus dan berhasil. Aamiin. *gelar sajadah*
3. Bersikap Realistis
Hasil gambar untuk bersikap realistis
"Pokoknya resolusi gue di 2016, gue harus nikahin Lilis!", ujar Dede yang kini sedang duduk di bangku SD.
Punya resolusi kayak Dede barusan, sih, sah-sah aja. Tapi sebelum itu, lo harus punya dulu mental yang kuat. Iya, Mental dikucilin, mental diusir, dan mental dikeroyok orang tua nya. Gimana gak dikeroyok, kencing belum lurus aja udah ngajak nikah!
Makanya, bersikap realistis saat nulis resolusi itu penting banget. Tulislah resolusi yang lo anggap bisa dan percaya, kalo lo pasti bisa ngelakuinnya. Misalnya, tahun lalu lo cebok pake tangan kiri, nah tahun ini lo pengen bisa cebok pake tangan kanan. Untuk bisa berhasil, ya lo harus bisa ngebiasain cebok pake tangan kanan. Simpel, kan ? Itu lah resolusi yang realistis.
4. Tulis dan Simpan
Hasil gambar untuk tulis resolusi
Tulis apa aja resolusi lo di tahun ini di media yang biasa lo buka, memo misalnya. Tujuannya, ya biar setiap lo buka memo, lo bakal inget resolusi lo lagi, dan bakal semangat lagi buat ngejalaninnya. Gak mesti memo kok, di manapun juga bisa. Asal jangan di tiang listrik aja, nanti resolusi lo malah berubah jadi brosur sedot wc. Huft.
5. Optimis
Hasil gambar untuk bersikap optimis
Semua yang udah lo jalanin dari poin pertama, rasanya bakal percuma kalo lo masih gak punya keyakinan buat ngejalanin resolusi yang lo udah bikin. Lo harus optimis kalo tahun ini lo bisa berubah. Bukan tentang hasilnya, tapi tentang gimana lo jalanin prosesnya. Karena gue selalu percaya, bahwa hasil gak akan mengkhianati proses. Dan dengan rasa optimis, semua proses yang lo lewati bakalan terasa mudah.

6. Semangat
Hasil gambar untuk resolusi
Di setiap proses menuju lebih baik, pasti selalu ada masalah yang bikin kita tergoda buat nyerah. Nah kalo gini, yang harus lo lakuin adalah, hadapi masalah itu. Jadikan masalah lo sebagai tantangan, bukan hambatan. Kalo kata di film yang pernah gue tonton, "lo boleh capek, boleh nangis, boleh marah, tapi lo gak boleh nyerah. Karena nyerah berarti kalah". :)

7. Tekun
Hasil gambar untuk harus tekun
Gue selalu percaya, niat baik pasti bakal dikasih jalan yang baik juga sama Allah swt. Jadi, ya, kalo niat lo beneran mau berubah jadi diri yang lebih baik lagi, pasti berhasil, kok. Asalkan tekad lo kuat, dan bisa ngejalaninnya dengan tekun. Tenang aja, Allah SWT gak akan pernah tega nyuekin orang yang bener-bener tekun.


Iya, banyak orang-orang (termasuk gue) yang berlomba-lomba bikin resolusi sebelum tahun baru. Pas udah bener-bener di tahun yang baru, resolusi yang udah dibuat malah dilupain gitu aja. Padahal niatnya udah bagus. Mau berubah menjadi lebih baik di tahun yang baru. Tapi apalah arti niat baik, kalo tanpa usaha keras.
Jangan mau sia-siain waktu lo dengan keadaan yang gini-gini aja. Berbenahlah. Kejar apa yang belum, dan pengen banget lo raih. Gak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik.
"Lebih baik berubah karena kemauan sendiri, daripada berubah karena kemauan orang lain."
Setelah jawaban dari anak-anak TK tersebut gue rasa cukup. Gue akhirnya pamit pulang dan mengucapkan terima kasih karena udah membantu melancarkan survei gue.
Sebelum meninggalkan kelas, gue sempatkan dulu untuk bertanya ke mereka tentang apa itu arti resolusi. 
Dan mereka kompak menjawab,

"GATAUUUU!!!"

0 Response to "Tulisan Pertama Di 2016 "

Post a Comment