15 Tips dan Trik Ampuh Menggunakan Aplikasi Line


1.Matikan Auto Add Friend
        Akun LINE terhubung dengan nomor telepon selular agan Loh. Ketika ada seseorang di Address Book agan terdaftar ke LINE maka secara otomatis juga akan masuk ke dalam daftar kontak LINE agan. Begitu juga dengan teman Facebook apabila LINE agan sudah terhubung dengan akun Facebook.

Nah, cara membuat kontak Line agar tidak otomatis menambah teman sendiri, supaya kontak agan tetap rapi dan ngak acak adul, agan bisa mematikan fitur Auto Add Friends dengan memilih menu Lainnya > Pengaturan > Pengolahan Teman > Auto Tambah teman (Hilangkan tanda centang dari kotak seperti pada gambar dibawah)

Di sini juga agan bisa mematikan fitur Izinkan teman menambah. Artinya, apabila seseorang mempunyai LINE dan menambahkan nomor telepon agan kedalam daftar kontaknya, maka otomatis agan akan masuk ke daftar kontak LINE nya pula. untuk mengaturnya cukup memeberi/menghilangkan tanda centang pada kotak yang tersedia.




2.Sembunyikan kontak (hidden Contact)
         Seringkali daftar kontak pada LINE penuh dengan orang-orang yang tidak dikenal dan merupakan hasil dari import kontak melalui sosial media (akun Line yang terhubung dengan facebook). Hal itu sangat menjengkelkan karena membuat kontak begitu penuh. Untuk itu sembunyikan saja mereka untuk membuat daftar kontak agan hanya di isi oleh orang-orang yang memang agan kenal dan sering bertukar pesan.

Cara menyembunyikan kontak pada Line sangat gampang. Pilih menu Teman > Edit > kontak yang ingin disembunyikan > Sembunyikan
Walaupun kontak sesorang telah agan sembunyikan namun Dosky (red: Dia) tetap dapat berkirim dan bertukar pesan dengan agan koq. Jadi apa bila suatu hari kontak yang tidak dikenal tersebut memulai percakapan dengan agan, agan tetap dapat menerima pesan darinya ^^



3.Menonaktifkan Notifikasi Pemeberitahuan Kenalan/group yang berisik

           Mungkin ada diantara agan yang tergabung dalam sebuah Group dalam akun Line. Nah, pasti ada agan-agan yang berpikiran bahwa Grup message bisa menjadi berguna atau malah menjadi sangat-sangat menyebalkan karena lalulintas pesan yang kadang tidak terkontrol, (Tenang ane juga ngerasain hal yang sama koq T^T). Nah, untuk mengatasi hal ini nih gan, katong (Red: Kita) bisa mematikan notifikasi suatu grup chat atau teman tersebut. Cara mematikan notifikasi/pemberitahuan di Line dapat dilakukan dengan menekan tombol Setting di layar chat yang bersangkutan (posisinya di atas kanan). Kemudian pada layar yang muncul, pilihlah pilihan "Notifications" atau "pemberitahuan", kemudian akan terlihat icon speaker dicoret di sebelah nama grup atau temamu yang menandakan bahwa notifikasi telah dimatikan.

Mematikan notifikasi artinya tidak akan ada pemberitahuan. Tapi jumlah pesan terbaru akan tetap muncul di layar Chats. Jadi, Katong harus membuka LINE dan mengecek manual untuk mengetahui apakah ada pesan baru atau tidak. Untuk mengembalikannya (memunculkan pemberitahuan tersebut lagi) cukup dengan melakukan hal yang sama sesuai dengan langkah2 yang diatas, hingga icon speaker tidak dicoret lagi.
4.Menonaktifkan Notifikasi Games
        Game-game LINE memang Imut-imut dan seru untuk dimainkan gan. Tapi seringkali terasa spammy karena pesan-pesan notifikasinya yang Bejibun -..-
Nah, Agan bisa mematikan pesan dan notifikasi dari game LINE yang telah agan berikan otoritas (install) tersebut sehingga tidak tersa menggangu. Cara menonaktifkan notifikasi/pemberitahuan games, Tempatnya ada di menu Lainnya > Pengaturan > Akun > Aplikasi resmi. Di dalam layar ini akan terlihat daftar game LINE yang telah agan install. Matikan opsi "Receive Messages" dan "Notifications" atau apabila sudah tidak dimainkan lagi, tekan saja tombol "Unauthorize the App". Dengan begitu tidak akan ada lagi pesan dan notifikasi game yang terkesan Spammy dan menggangu gan.



5.Bisukan (Mute) Lines saat tertentu
          Apabila agan sedang sibuk nih, atau ingin "Sleeping Beauty" tanpa terganggu oleh pesan dari LINE. Bisukan aja aplikasi Notifikasi LINE selama satu jam kedepan atau sampai jam 8 pagi. Nah, cara mematikan suara line ( Membisukan Line)  itu dapat di lakukan setting berikut. 
Pilih menu Lainnya > Pengaturan > pemberitahuan > Klik (Hilangkan tanda centang pada kotak yang tersedia). Dengan begitu sleeping beauty agan tidak akan terganggu dan kesibukan agan akan terselesaikan dengan baik tanpa tergangu konsentrasi agan oleh notif Line ini. Dan ketika agan sudah bangun dari bobo cantiknya atau udah ngak sibuk lagi, silahkan dinyalain lagi ajah gan pemberitahuannya supaya kalo ada chat percakapan masuk agan dapat mengetahuinya ^^



6.Amankan Percakapan dengan menggunakan sandi
          Pernahkan teman agan meminjam Smartphone agan dan karena alasan tertentu seperti tidak mau chat percakapan pribadi agan di Line dibaca, sehingga agan enggan untuk meminjamkannya kepada teman agan tersebut. Hal tersebut bisa menjadikan agan dikenal sebagtai orang yang pelit dan lebih parah agan dicurigai menyimpan rahasia besar yang tidak ingin diketahui, padahalkan ngak -..- ! Nah, agar agan ngak dicap sebagai orang yang pelit dan sebagainya oleh teman-teman agan, ada baiknya agan meminjamkan Smartphone agan kepada teman agan tersebut, namun terlebih dahulu memberikan Pascode pada percakapan LINE agan agar tidak dibaca oleh orang lain. Cara memberikan Password/sandi pada percakapan Line, cukup dengan :
Masuk ke tab Lainnya > Pengaturan > Pengaturan Privacy, kemudian centang "Kode kunci sandi" kemudian isi kode password yang agan inginkan. fitur ini mirip dengan Passcode pada iOS. Dengan demikian agan tidak perlu khawatir lagi percakapan pribadi agan di Line dibaca oleh orang lain nih gan ^^





7.Blokir kontak yang menyebalkan
             Pernahkan agan merasa tergangu oleh salah satu kontak agan pada Line. Apalagi hal itu dilakukan oleh kontak yang tidak dikenal dan hanya merupakan kontak hasil dari import melalui sosial media (akun Line yang terhubung dengan facebook, dll). Atau ada kontak agan yang terus menerus mengirimkan agan pemberitahuan tentang games yang tidak agan mainkan. Tentu saja agan dapat menghentikan gangguan semacam itu dengan memblokir kontak pengguna Line yang bersangkutan. Cara memblokir kontak di Line adalah sebagai berikut :
Pilih Pilihan Friends > Edit > kemudian pilih kontak yang akan diblokir dan tekan tombol "Blokir". Dengan demikian kontak yang telah agan blokir tidak akan mengirimkan pesan atau pun notifikasi apapun kepada agan lagi.



Apabila suatu ketika nih, agan khilaf dan hendak bertukar pesan lagi dengan kontak tersebut, hal yang perlu agan lakukan hanyalah membuka blokir akun Dosky (red: dia). caranya pilih menu Lainnya > Pengaturan > Pengolola teman > Daftar yang diblokir > Pilih Kontak yang bersangkutan > Edit > Buka Blokir.

Nah dengan demikian Agan dan Dosky akan dapat bertukar pesan lagi.

8.Blokir Pesan dari kontak tidak dikenal/belum menjadi teman pada Line
            Pernahkah agan dapat pesan-pesan tidak penting dari seseorang yang tidak dikenal atau kontak yang ada direcomended friend Line agan tapi bukan teman ?? Misalnya pesan yang berisikan tentang aplikasi permainan Line, dll ?? Menyebalkan bukan ?? Apalagi bukan orang yang kita kenal lagi nih gan ?? Hodohh.....Blokir ajah gan !! Tapi dia kan bukan teman yang ada dikontak pertemanan Line kita, gimana caranya ?

Yaa... caranya sedikit berbeda dengan cara memblokir kontak diatas karena alasan tersebut gan. Cara memblokir pesan-pesan tidak penting dari orang tidak dikenal seperti itu adalah dengan cara :
Masuk ke pilihan Lainnya > Pengaturan > Pengaturan Privasi, kemudian Centang pada pilihan "Tidak menerima". Dengan demikian agan tidak agan menerima pesan-pesan tidak jelas dari orang-orang agan yang tidak agan kenal yang kebanyakan pesan tersebut masuk karena Spam dari kontak tersebut.



9.Menghapus Kontak
         Agan mempunyai kontak yang Super Duper Menyebalkan pada akun Line anda. Kalau Blokir kontak tersebut terasa belum cukup dan ampuh untuk menghilangkan kekesalan agan, Hapus saja kontak mereka sebagai penyelesaiannya, sehingga agan tidak perlu lagi dipusingkan olehnya. Caranya sangatlah mudah, cukup terlebih dahulu memblokir kontak tersebut seperti Tips sebelumnya, kemudian ikuti langkah berikut!
Pilih menu lainnya > Pengaturan > Pengelola teman > Daftar yang diblokir > Pilih Edit pada kontak yang bersangkutan > Hapus
setelah mengikuti cara menghapus kontak Line diatas, dengan demikian kontak tersebut tidak dapat lagi menggangu agan, dan kekesalan agan dapat sedikit terlampiaskan XD




Dan apa bila suatu saat agan sudah berdamai dengan Dosky atau agan merasa Khilaf , dan agan hendak memasukannya kedalam daftar kontak agan lagi, agan hanya perlu menemukan ID akun Line nya dan kemudian diAdd, maka kontak tersebut menjadi daftar teman agan lagi di Line.

10.Jadikan profil menjadi Non_Publik
               Pernahkah agan mendapatkan permintaan pertemanan dari orang yang anda tidak kenal sama sekali dan dirasa tidak jelas dalam akun Line agan. Hal tersebut bisa terjadi karena akun Id Line agan diset sebagai Publik. Nah, untuk mengatasi hal semacam ini, agan hanya perlu menyetting akun Id Line agan menjadi Non_Public. Sederhanakan ??
Cara menjadikan profil Line menjadi Non Public adalah, Pilih menu Lainnya > Profil > ID Pengguna Publik (Hilangkan tanda centang pada kotak yang tersedia)


Pengaturan ini akan membuat akun Line agan tidak dapat ditemukan walaupun orang lain sudah mencari akun agan di pencarian dengan menggunakan Id akun Line agan yang benar. Jadi apabila suatu ketika ada teman agan yang hendak menambahkan akun Line agan kedalam kontaknya melalui Id akun agan, agan harus terlebih dahulu menghilangkan tanda Centang dikolom ID Pengguna publik agar akun agan dapat ditemukan olehnya ^^

11.Atur Privasi
          Mungkin agan tau apa itu arti kata "KEPO". Kata ini tentu saja sudah familiar ditelinga agan-agan semua kan ? Nah, kegiatan Ngepoin seseorang ini terkadang memberikan keseruan tersendiri bagi peklaku nya dan memberikan kondisi nyaman (Senang), biasa ajah (Peduli amat :p), dan menggangu (Tidak Senang) bagi orang uang dikepoin. Mungkin agan pernah merasa terganggu ketika tau ada seseorang yang sering ngepoin agan di jejaring sosial seperti Timeline Line tentunya. Tenang, untuk mengantisipasi hal tersebut, agan dapat membuat orang tersebut mati kutu dan tidak dapat Ngepoin Timeline Line agan lagi. Caranya :
Masuk ke pilihan Lainnya > Pengaturan > Jadwal-Rumah > Pengaturan Privasi > Kemudian Pilih kontak yang bersangkutan (Kontak yang sering ngepoin) > ubah "terlihat" menjadi 'tersembunyi'
Setelah pengaturan selesai maka aktivitas agan di Timeline Line tidak dapat lagi diakses oleh Si Tukang Kepo ^^





Apabila suatu hari agan merasa bahwa Si Tukang kepo sudah tobat, dan tidak masalah apabila Dosky melihat Timeline Line agan lagi, agan hanya perlu untuk memlakukan hal yang sama seperti yang diatas dan mengatur dipengaturan supaya kontak orang tersebut dapat melihat timeline Line agan lagi, Gampang kan ^^

12.Menyembunyikan Status Seseorang dari TimeLine Line
        Kalau agan-agan nih aktif di Line, pasti sering juga mantengin Timeline Linenya donk ?? Nah, pernahnga agan nemu Status orang-orang yang rada bahkan Sangat Alay dan orang tersebut adalah kontak yang agan tidak kenal. Adohh, menggangu pandangan mata aja curhatan-curhatan mereka itu. Mending agan Sembunyikan ajah semua Status baik yang lalu maupun yang akan "dikarang" dikemudian hari oleh dia. Caranya gampang Kok, yaitu :
Masuh ke TimeLine Line (Jadwal) > Ketuk tahan pada status kontak yang bersangkutan (Alay) > Sembunyikan dari Garis waktu. 




dan apabila sewaktu-waktu ingin untuk mengembalikan lagi Kata-kata mutiara orang tersebut :v ke Timeline Line agan lagi, hal yang perlu dilakukan hanyalah :
Masuk ke menu Lainnya > Pengaturan > Jadwal-Rumah > daftar yang disembunyikan



13.Dapatkan Sticker berbayar mengunakan kredit teman
        Pernahkah agan mencoba untuk mendownload Stiker-stiker lucu dan gokil selain dari stiker yang memang sudah menjadi bawaan dari aplikasi Line saat agan menginstall aplikasi ini. kalo pernah, pasti agan juga pernah menemukan stiker-stiker yang tidak dapat didownload secara gratis dan harus melakukan pembayaran terlebih dahulu untuk mendapatkannya. kebanyakan dari agan pasti mengurungkan niat tersebut karena dirasa menghabiskan uang dan ribet untuk hanya mendapatkan stiker-stiker tersebut. Nah, sekarang ane bakalan beri tahu agan semua nih bagaimana solusi mudahnya untuk mendapatkan stiker-stiker "Istimewa" tersebut gan.


Mungkin agan pernah bertukar pesan dengan teman agan dan menemukan pesan dari teman agan tersebut yang menyelipkan stiker "Istimewa" tersebut. Nah, itu lah hal pertama yang harus agan miliki, yaitu Teman dengan Stiker Istimewa tersebut. Langkah selanjutnya adalah agan perlu meminta bahkan merayu teman agan tersebut untuk berbaik hati memberikan stiker-stiker itu juga kepada agan sebagai hadiah. apabila langkah ini berhasil dan teman agan tersebut sudah mengikhlaskan stikernya untuk dibagi dengan agan, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah sebagai berikut.


Cara mendapatkan Stiker Line berbayar secara gratis yang pertama-tama adalah gunakan Handphone/tab atau apapun itu milik teman agan dan masuk kedalam akun Line miliknya. kemudian Pilih menu Lainnya > Toko Stiker > Pilih stiker yang hendak dibagikan > Kirim sebagai Hadiah > Pilih akun Line milik agan > Kirim.
dengan begitu agan tinggal mendownload stiker itu saja dan akan segera mendapat Stiker yang selama ini buat agan jadi mupeng dan siap  agan pake buat berkirim pesan dengan teman agan (pasti mah kalo yang ini :3)


14.Free Calls (Geratis Nelpon)
        Salah satu fitur yang asik dari LINE adalah bisa adanya telepon langsung memakai koneksi data. Artinya, bisa menghemat pulsa berbicara yang cukup mahal, apalagi kalau beda operator, bener ngak gan -..- Free call disini bekerja dengan koneksi 3G dan WiFi, artinya bisa menerima panggilan kapanpun dan dimanapun nih gan. Hanya saja, kadang-kadang koneksinya lebih berat daripada berbincang langsung melalui telepon biasa :V


15.Gunakan Return Key untuk mempercepat chatting
         Secara bawaan pada aplikasi Line untuk mengirimkan pesan yang sudah diketik harus menekan tombol Send/kirim yang berada diatas keyboard untuk android. hal itu terkadang menjadikan kita (ane & agan) lama dalam berkirim pesan karena sudah terbiasa mengirim pesan dengan pilihan Send/kirim yang berada dipojok bawah kanan Keyboard. Oleh karena alasan tersebut supaya lebih cepat dalam berkirim pesan bisa mengirimkannya dengan tombol Return/Enter.
Untuk mengaktifkannya bisa diset melalui, Pilih menu Lainnya > Pengaturan > Pengaturan Ruang Obrolan > Kirim dengan tombol kembali.
Mengaktifkan opsi Kirim dengan tombol kembali artinya, Agan akan lebih mudah dan cepat dalam berkirim pesan dengan teman tetapi agan akan kehilangan pilihan untuk membuat baris baru (Enter) dalam pesan agan apabila fitur ini diaktifkan.






15.Gunakan Aplikasi desktop Line for PC
            Bagi kamu yang banyak nongkrong didepan komputer dan sekaligus sering chatting pakai LINE. Pakai LINE versi desktop akan lebih nyaman daripada harus meraih iPhone setiap kali ada pesan masuk. Atau mungkin buat agan yang belum mempunyai Smartphone tetapi ingin sekali memiliki akun Line sendiri biar tetap gaul dan moderen dalam berkomunikasi. agan juga dapat menggunakan aplikasi Line ini di Pc/Leptop agan tanpa harus punya Smartphone kok ^^ Download dan Instal ajah Aplikasinya Line For PC/Leptop. Tautan Aplikasi Line untuk versi desktop bisa didapatkan Dihalaman Riview Line, Atau Download Line for PC DISINI

0 Response to "15 Tips dan Trik Ampuh Menggunakan Aplikasi Line "

Post a Comment