Inilah Faktor dan Penyebab Kemandulan pada Seorang Pria


sperms
Mungkin para pembaca yang budiman pernah terbesit pertanyaan di dalam hati, "Apa sih penyebabnya seorang lelaki bisa mandul?" Kemandulan bukan hanya dialami oleh kaum wanita, sebaliknya tidak sedikit pula kaum lelaki yang mengalaminya. Sementara kebanyakan pasangan yang lama tidak dikaruniai momongan akan menyalahkan fihak perempuan dann memvonis bahwa si istri mandul. Hal itu sungguh tidak bijaksana dan secara kejiwaan merugikan sang istri. Alangkah baiknya bila sang suami berinisiatif untuk konsultasi ke dokter ahli agar mendapat kejelasan dan sekaligus mendapatkan solusi.
Dibutuhkan 20 juta spermatoza setiap 1 mililiter air mani yang dipancarkan seorang lelaki pada saat ejakulasi. Dari 20 juta jumlah sperma tadi kemunginan hanya sekitar 200-300 spermatoza yang bisa mencapai Ovum (sel telur betina). Apalagi kalau seorang lelaki memiliki jumlah sperma dibawah normal, maka kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi pembuahan terhadap sel telur betina.

Jika terdapat kelainan terhadap bentuk spermatoza juga akan sulit untuk melakukan pembuahan. Sedangkan ciri sperma dengan bentuk normal yakni memiliki kepala lonjong dengan leher dan ekor panjang meruncing. Tentunya ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, melainkan harus melalui analisa di laboratorium medis.

Motolitas (pergerakan) yang lambat pada sperma berperan penting dalam proses pembuahan karena sperma yang bergerak maju dan cepatlah yang mampu mencapai dan membuahi sel telur.

Seorang pakar seksologi anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga merupakan anggota Asosiasi Seksologi Indonesia, dr.Andri Wananda Ms menanggapi pertanyaan seputar penyebab kemandulan yang dialami kaum lelaki, sebagai berikut:
1. Jumlah spermatoza (sel jantan) kurang dari nilai normal
2. Memiliki bentuk spermatoza yang tidak normal
3. Memiliki spermatoza dengan motolitas yang lambat
Jadi tidak selalu kemandulan itu dialami oleh perempuan, akan tetapi kaum lelaki juga tidak sedikit yang menderitanya. Tapi jangan terlalu khawatir akan hal itu, sebab setiap penyakit ada obatnya, setiap masalah ada solusinya. Saran saya sobat pembaca yang budiman untuk selalu konsultasi kepada ahlinya agar mendapatkan solusi yang tepat untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

0 Response to "Inilah Faktor dan Penyebab Kemandulan pada Seorang Pria "

Post a Comment