Cara Mudah Mengatasi Modem Rusak/Bermasalah Tidak Mau Connect - Review Gadget Terbaru Fajar Nugraha Wahyu

Breaking

Wednesday 2 September 2015

Cara Mudah Mengatasi Modem Rusak/Bermasalah Tidak Mau Connect


Modem merupakan alat yang praktis untuk membantu kita berselancar di internet, ukurannya yang kecil membuat modem dapat dibawa kemana-mana bersamaan dengan laptop untuk alternatif jika tidak ada wifi. Saat ini pengguna modem terbilang masih banyak, seperti pelajar, mahasiswa sampai orang dewasa yang menggunakan modem untuk kebutuhan tertentu, dan kebanyakan modem yang dipakai adalah jenis GSM, dan untuk modem jenis CDMA kini mulai banyak orang meninggalkannya karena dinilai banyak keterbatasan jika menggunakannya, seperti sinyal yang tidak disemua tempat itu bagus, paket internet yang juga mahal dan lain-lain. Dengan menggunakan modem GSM ini saya telah merasakan kenyamanannya diantaranya kita dapat mengganti kartu SIM nya sesuai keinginan kita sehingga bisa mendapatkan sinyal yang bagus, paket internet yang bervariasi, biaya bisa lebih hemat serta dengan menggunakan modem kita bisa lebih memanfaatkannya dengan baik.
Meskipun seperti itu, bukan berarti kita tidak akan menjumpai masalah saat menggunakan modem, saya sendiri telah mengarungi internet menggunakan modem GSM yaitu merk mobini yang kurang lebih hampir 3 tahun dan kadang juga mengalami permasalahan pada modem, dan salah satunya modem saya tidak mau connect ke internet entah apa sebabnya, yang kemudian saya surfing di internet dan tingggggg :D akhirnya saya berhasil memecahkan masalah saya, dan sekarang akan saya bagikan tips untuk mengatasi modem yang tidak mau connect kepada Anda. 


Penyebab dan Cara Mengatasi Modem yang tidak mau Connect Internet

1. Berdasarkan pengalaman saya menggunakan modem, masalah pertama yang pernah saya alami yaitu kita belum melakukan penyetingan provider internet kita sehingga tidak akan bisa disambungkan ke internet, nah cara mengatasinya 


a. Buka aplikasi modem Anda, kalau punya saya disini mobile partner.
b. Pilih Option - Setting
c. Lalu pilih Profile Management, lalu isi kolom yang telah disediakan seperti gambar di bawah ini

d. Lalu pilih Save , dan sekarang sambungkan modem ke internet ,, :D berhasilkah ?? jika masalah internet Anda belum terpecahkan coba cara berikutnya.
2. Masalah internet yang juga pernah saya alami yaitu modem sudah saya koneksikan ke internet tapi di notifikasi network ada "tanda seru", menurut saya dengan adanya tanda centang tersebut berarti koneksi internet kita limit atau terbatas yang menjadikan kita tidak bisa berselancar di internet, hal ini disebabkan berbagai hal seperti kouta yang telah habis atau mencapai akhir masa aktifnya, karena banyaknya pemakai provider yang sama dan bersamaan menjadikan koneksi internet terbatas dan lambat. Cara mengatasinya :
a. Gunakan kabel USB bantuan yang bisa dibeli di toko elektronik, kalau punya saya mencapai 3 meter agar modem kita bisa mencankup sinyal yang lebih maksimal. Lalu taruh di tempat yang tinggi dan pasangkan kaset bulat bekas pada ujungnya bersamaan dengan modem dengan posisi kaset yang putih menghadap ke atas. Cara ini dinilai bisa menjadikan sinyal bertambah dan memercepat koneksi internet modem kita.
b. Cara yang lain yaitu dengan menunggu notifikasi tanda seru tersebut hilang, saya pernah mengalaminya setelah mengkoneksikan modem ke internet lalu  terdapat "tanda pentung atau seru" namun setelah saya sabar menunggu beberapa saat tanda seru tersebut bisa hilang dengan sendirinya dan alhasil saya bisa terkoneksi ke internet.
3. Berikutnya saya juga pernah mengalami masalah dengan modem GSM saya, yaitu perangkat modem tersebut di nonaktifkan atau disable di pengaturan internet, cara mengatasinya 
- Masuk pada Control Panel\Network and Internet\Network Connections
- Klik kanan pada mobile broadband, lalu pilih Enable

4. Masalah settingan yang kurang sesuai, karena setiap modem memiliki pengaturan yang berbeda. Anda bisa mencari cara mensetting modem anda di Google.com. Namun jika belum terselesaikan juga masalahnya, Anda bisa menghubungi CS pemilik kartu atau mode, yaitu Anda akan dipandu cara mensetting modem anda dengan baik dan benar, mereka keadaan online dan bisa mengecek keadaan modem Anda dari sana, jadi tidak usah panik. Nomor CS yang Anda perlukan biasanya tertulis di bungkus modem atau kartu operator Anda. Kalau bungkusnya sudah hilang :( ?? Anda bisa mencarinya di internet dengan kata kunci "Nomor CS (Operator yang Anda gunakan)"
5. Langkah terakhir yang juga saya tempuh untuk mengatasi modem yang tidak bisa terkoneksikan ke internet yaitu saya menginstall ulang aplikasi modem saya. Kemudian saya menginstallnya kembali dan mensetting kembali semuanya.

No comments:

Post a Comment