PERHATIAN! Ini Dia Penamaan Dual Graphics Terbaru pada Notebook Berbasis AMD


AMD Dual Graphic
Sejak pertama diluncurkan, AMD telah menerapkan metode sistematis untuk menjuluki setiap seri darikomponen prosessor bahkan grafis RadeonTM mereka. Hal ini dikarenakan sistem penamaan  yang tepat merupakan salah satu faktor penting untuk membantu konsumen mengetahuitingkatan keunggulan dari produk buatan AMD yang sangat bervariasi.
Jika ditilik dari sisi mobile, perangkat berbasis AMD biasanya menggunakan prosessor yang sering disebut juga dengan Accelerated Processing Unit (APU) dimana memiliki keunggulan berupa CPU yang tergabung bersama GPU dalam satu chip. Namun sebagai pendongkrak performa seringkali terdapat penambahan grafis diskrit pada  Notebook berbasis AMD yang memungkinkan untuk menjalankan fitur istimewa yang disebut Dual Graphics. Fitur ini memungkinkan GPU yang tersemat pada prosessor AMD APU untukbekerjasama dengan GPU grafis diskrit yang tersedia di Notebook sehingga bisa meningkatkan kinerja Notebook Anda baik dalam hal multimedia maupun gaming.
Nah, untuk sistem penamaan Dual Graphics pada Notebook berbasis AMD, awalnya masih memakai penamaan menggunakan tanda “+” seperti yang terdapat pada Notebook ASUS X550DP bertenaga AMD APU A10-5750 “Richland” dengan grafis RadeonTM HD 8650G + HD 8670M. Namun sejak peluncuran Notebook berbasis AMD yang memakai prosessor AMD APU 7000 Series “Kaveri” dan grafis diskrit RadeonTM R Series, AMD kembali membuat standarisasi penamaan baru untuk grafis RadeonTMmereka. Anda bisa melihat tabel berikut untuk memudahkan mengetahui nama baru dari perpaduan dua grafis di Notebook berbasis AMD milik Anda dengan mencocokkan kolom dan baris yang ditampilkan.
AMD Dual Graphic
Tabel Acuan Penamaan Terbaru grafis RadeonTM pada Notebook berbasis AMD yang mendukung Dual Graphics
Mari kita ambil contoh konkritnya sebagai ilustrasi! Sebelumnya kita sudah pernah mengulas soal notebook ASUS X550ZE. Notebook ini memiliki spesifikasi yang menggunakan prosessor AMD APU A10-7400P“Kaveri” denganRadeonTMR6 Graphic Series terintegrasi APUditambah sebuah grafis diskritRadeonTM R5 M230. Karena Notebook ini mendukung fitur Dual Graphics, Anda bisa menyingkat penyebutan grafisnya menjadiRadeonTMR7 M265DX sehingga penamaan grafis menjadi lebih ringkas dan mudah diingat.
Contoh lainnya bisa dilihat pada Notebook Lenovo Z40-75 denganAMD APU A10-7300 “Kaveri” yangmempunyai nama grafis AMD RadeonTM R6 M255DXdimana merupakan hasil perpaduan dari RadeonTM R6 Graphic Series terintegrasi APU dan grafis diskrit RadeonTMR5 M230. Anda bisa kembali melihat skema garis biru yang tergambar pada tabel acuan untuk memahami bagaimana nama grafis RadeonTM yang baru ini diperoleh.
Tidak perlu bingung jika suatu saat Anda menemukan Notebook berbasis AMD dengan APU 7000 Series “Kaveri” yang dilengkapi sebuah grafis diskrit namun ternyata tidak mendukung fitur Dual Graphics, karena pada umumnya hanya Notebook yang memiliki kata“DX” di ujung nomor modelgrafisnya lah yang memiliki fitur ini. Atau jika Anda masih merasa ragu, silakan lihat kembali tabel acuan yang sudah tersedia sebelumnya. Jika tidak terdapat pasangan yang tepat antara AMD APU dan grafis diskrit pada Notebook yang Anda selidiki di tabel acuan, bisa disimpulkan bahwa Notebook tersebut memang tidak mendukung fitur Dual Graphics.
Dengan adanya tabel acuan penamaan grafis RadeonTM yang sudah kami berikan, semoga tidakkebingungan lagi ya membedakan Notebook berbasis AMD yang memiliki fitur Dual Graphics dan yang tidak. Yang paling penting adalah dengan adanya sistem penamaan ini kami harap Anda tidak akan tertipu oleh oknum-oknum yang mencoba mengambil keuntungan dari ketidaktahuan konsumen. Para reviewer juga bisa berbagi info yang lebih akuratseputarpenamaan grafis RadeonTM di Notebookberbasis AMD kepada pembacanya.
Jadi sudah bisakah Anda membedakan Notebook yang memiliki fitur Dual Graphics AMD?


http://www.amd-id.com/2015/06/perhatian-ini-dia-penamaan-dual-graphics-terbaru-pada-notebook-berbasis-amd/

0 Response to "PERHATIAN! Ini Dia Penamaan Dual Graphics Terbaru pada Notebook Berbasis AMD"

Post a Comment