Lazarus


Lazarus adalah Sebuah Perpustakaan open source IDE Komponen visual yang murah KUAT UNTUK cepat lintas-platform pengembangan. IDE berisi semua fitur dari rangkaian pembangunan modern, termasuk debugger, code completion, desainer visual, alat refactoring, dan terjemahan dan alat dokumentasi. Semua fitur IDE berisi Dari Rangkaian Pembangunan modern, Termasuk debugger, code completion, desainer visual, alat refactoring, terjemahan murah murah alat Dokumentasi. Proyek Lazarus di Linux mulai sepuluh tahun yang lalu dan sekarang berjalan pada semua platform utama: Linux, Windows dan Mac OS X. moto Proyek Lazarus adalah "Menulis cukup sekali mengkompilasi mana saja", dan menyediakan cross-platform perpustakaan, sebuah cross compiler-platform dan IDE cross-platform. Proyek Lazarus di Linux Mulai Sepuluh Tahun yang lalu BERJALAN PADA SEKARANG murah Semua Platform Utama: Linux, Windows Mac OS X. murah moto Proyek Lazarus adalah "Menulis Cukup Sekali Saja mengkompilasi mana", murah menyediakan cross-platform Perpustakaan, Sebuah kompilator silang-platform Dan cross-platform IDE. 

Fitur Lazarus meliputi: Fitur Lazarus meliputi:
• Sebuah mudah belajar bahasa: Pascal. Mudah-untuk-belajar bahasa: Pascal.
• Seorang desainer bentuk visual. Seorang desainer visual yang terbentuk Yang.
• Memproduksi kode asli executable yang menjalankan dengan kecepatan sebanding dengan C / C + +-tidak ada mesin virtual di sini! Memproduksi executable asli Yang mengeksekusi Kode Kecepatan sebanding DENGAN DENGAN C / C + +-Tidak ada mesin virtual yang di sini!
• Memungkinkan akses langsung ke perpustakaan sistem. Memungkinkan AKSes Langsung ke Sistem Perpustakaan.
• Mendukung kode assembler tertanam. Mendukung Kode assembler tertanam.
• Mudah menangani proyek-proyek besar dengan jutaan baris. Mudah menangani Proyek-Proyek gede DENGAN Jutaan baris.
• Kompatibilitas dengan perpustakaan komponen visual Delphi. Kompatibilitas Komponen Perpustakaan DENGAN visual yang Delphi.
Dan, jika semua itu belum cukup, Lazarus juga adalah open source dan bebas bertanggung jawab, bahkan untuk pengembangan komersial. Dan, jika Semua ITU Belum cukup, Lazarus juga adalah open source bebas bertanggung jawab murah, bahkan UNTUK pengembangan komersial. Lazarus IDE ditunjukkan pada Gambar 1. Lazarus IDE PADA ditunjukkan Gambar 1.
 
Gambar 1. Gambar 1. Lazarus Lazarus IDE IDE
Free Pascal Compiler Free Pascal Compiler
Lazarus menggunakan Gratis kuat Kompiler Pascal (FPC), yang memahami Object Pascal (keturunan Pascal). Lazarus menggunakan Kompiler Pascal Gratis KUAT (FPC), Yang memahami Object Pascal (Pascal keturunan). Free Pascal (alias, FPK Pascal) adalah 32 - profesional dan 64-bit compiler Object Pascal. Free Pascal (alias, FPK Pascal) adalah 32 - dan 64-bit yang profesional compiler Object Pascal. Ini tersedia untuk sistem operasi berikut: Linux, FreeBSD, Mac OS X / Darwin, DOS, Win32, Win64, WinCE, OS / 2, Netware (libc dan klasik) dan MorphOS, dan untuk prosesor yang berbeda: Intel x86, AMD64 / x86_64, PowerPC, PowerPC64, SPARC dan ARM. Ini Tersedia UNTUK Sistem Operasi berikut: Linux, FreeBSD, Mac OS X / Darwin, DOS, Win32, Win64, WinCE, OS / 2, Netware (libc murah klasik) MorphOS murah, murah UNTUK prosesor Yang berbeda: Intel x86, AMD64 / x86_64 , PowerPC, PowerPC64, SPARC murah ARM. Anda dapat menemukan binari, paket dan snapshot harian di Free Pascal Lazarus dan Web situs (lihat Sumber). ANDA dapat Menemukan binari, paket murah snapshot harian di Free Pascal Lazarus murah Web situs (lihat Sumber). Free Pascal menciptakan executable kode asli, seperti C dan C + +, dan menggunakan alat GNU dan format objek, sehingga dapat menggunakan perpustakaan secara langsung C, dan, tentu saja, C / C + + kode dapat menggunakan perpustakaan FPC. Free Pascal menciptakan dieksekusi Kode asli, seperti C murah C + +, murah menggunakan alat GNU murah Format objek, sehingga dapat menggunakan secara Perpustakaan Langsung C, murah, tentu lembut dan sehat, C / C + + dapat menggunakan Perpustakaan Kode FPC. Kecepatan dan ukuran dari kode yang dibuat sebanding dengan GCC. Kecepatan ukuran murah Dari Yang Dibuat Kode sebanding DENGAN GCC.
FPC juga mengkompilasi cepat-biasanya lebih dari 10.000 baris kode per detik. FPC juga mengkompilasi cepat-biasanya Lebih Dari 10.000 baris per detik Kode. Itu karena dalam Object Pascal, deklarasi maju lebih terbatas daripada di C / C + +. ITU KARENA Dalam, Object Pascal, deklarasi Maju Lebih Terbatas daripada di C / C + +. Ini menghemat banyak waktu, bahkan untuk program kecil, dan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih produktif. Ini menghemat BANYAK Waktu, bahkan UNTUK Program Kecil, murah memungkinkan ANDA UNTUK menjadi Lebih produktif. Setelah beberapa saat, Anda akan mengkompilasi tanpa berpikir, hanya untuk menyorot kesalahan bahkan jelas. Setelah beberapa Saat, ANDA Akan mengkompilasi Tanpa berpikir, Hanya UNTUK menyorot kesalahan bahkan Jelas.
Free Pascal Compiler sendiri seluruhnya ditulis dalam Object Pascal. Free Pascal Compiler SENDIRI seluruhnya Ditulis Dalam, Object Pascal. Pada saat penulisan ini, compiler adalah pada versi 2.2.4. PADA SAAT Penulisan ini, kompiler adalah versi 2.2.4 PADA.
Catatan: Catatan:
FPC berjalan pada platform lebih dari Lazarus. FPC BERJALAN PADA Platform Lebih Dari Lazarus. Pada platform tersebut, Anda dapat menggunakan IDE FP, yang berjalan dalam terminal. PADA Platform tersebut, ANDA dapat menggunakan IDE FP, Dalam, Yang BERJALAN terminal. IDE FP biasanya diinstal bersama dengan FPC dan Anda dapat mulai dengan mengetik fp. FP IDE biasanya diinstal Bersama FPC DENGAN ANDA murah dapat mengetik Mulai DENGAN fp.
Seperti yang leluhur Pascal, Object Pascal sangat mudah dipelajari. Seperti Yang leluhur Pascal, Object Pascal sangat Mudah dipelajari. C dan Java programmer akan mengerti kode yang paling Pascal tanpa tutorial. C murah Java programmer Akan mengerti Kode Yang pagar Pascal Tanpa tutorial. Bahasa ini sangat tipe-ketat, dan inkonsistensi kode banyak terlihat pada waktu kompilasi. Bahasa ini sangat ketat tipe-, murah inkonsistensi Kode terlihat PADA BANYAK Waktu Kompilasi. Hal ini sangat berguna untuk proyek-proyek besar, ketika refactoring yang akhirnya diperlukan, dan semua tempat yang terkena dampak harus ditemukan. Hal ini sangat Berguna Proyek-Proyek UNTUK gede, ketika refactoring Yang Akhirnya diperlukan, murah Semua Tempat Yang terkena Dampak Harus ditemukan. Compiler juga mengingatkan ketika pernyataan bekerja pada platform saat ini tetapi mungkin gagal pada yang lain-misalnya, ketika ekspresi sebuah karya berbeda pada 32 - dan 64-bit. Kompilator juga mengingatkan ketika pernyataan bekerja PADA SAAT Platform ini tetapi Ujug PADA Gagal Yang lain-misalnya, ketika Ekspresi Sebuah karya berbeda PADA 32 - dan 64-bit.
Lazarus Komponen Perpustakaan dan Lazarus IDE IDE murah Komponen Perpustakaan
Lazarus memberikan wajah FPC dengan menyediakan Komponen Lazarus Library (LCL), sebuah perpustakaan komponen visual, seperti tombol, mengedit bidang, dialog file dan lebih banyak. Lazarus memberikan Wajah FPC DENGAN menyediakan Komponen Lazarus Library (LCL), Sebuah Perpustakaan Komponen visual, seperti Tombol, mengedit bidang, file dialog Lebih murah BANYAK. Komponen-komponen ini berjalan di Linux, MS Windows, Mac OS X, FreeBSD dan Solaris menggunakan widget asli. Komponen-Komponen ini BERJALAN di Linux, MS Windows, Mac OS X, FreeBSD murah Solaris menggunakan widget asli. Selain itu, di Linux, Anda memiliki pilihan antara GTK atau Qt sebagai back end. Selain ITU, di Linux, memiliki pilihan ANTARA ANDA GTK atau Qt sebagai back end. LCL panggilan widget back-end set dan menyediakan perekat antara API platform-independen dan set widget. Panggilan widget LCL back-end set murah menyediakan perekat ANTARA API platform Independen murah set widget. Kode itu sendiri perlu akses hanya API LCL, sehingga perubahan tidak diperlukan ketika berpindah set widget. Kode ITU SENDIRI njaluk AKSes Hanya API LCL, sehingga diperlukan perubahan ketika berpindah Tidak diatur widget.
Sebuah aplikasi dikompilasi dengan GTK LCL menciptakan aplikasi GTK asli yang berjalan pada sebagian besar distribusi Linux keluar dari kotak. Sebuah aplikasi dikompilasi GTK DENGAN LCL menciptakan aplikasi GTK asli BERJALAN PADA sebagian Yang gede Distribusi Linux Keluar Dari kotak. Pada Windows, pilihan adalah WinAPI, GTK dan Qt. PADA Windows, pilihan adalah WinAPI, GTK murah Qt. Untuk Windows CE, bagian belakang disebut meringis. Untuk windows CE, BAGIAN Belakang disebut meringis. Dalam Mac OS X, pilihannya adalah Karbon, GTK dan Qt. Dalam, Mac OS X, pilihannya adalah Karbon, GTK murah Qt. Set widget dapat dipilih secara otomatis oleh IDE atau dipilih secara manual dalam dialog untuk pilihan kompiler. Atur widget dapat dipilih secara Otomatis oleh IDE atau dipilih secara panduan Dalam, dialog UNTUK pilihan kompiler. Hal ini memungkinkan Anda cukup untuk menyalin proyek yang dikembangkan di Linux ke Windows dan kompilasi. Hal ini memungkinkan ANDA UNTUK Cukup menyalin Proyek Yang dikembangkan di Linux ke Windows murah Kompilasi.
Beberapa LCL lainnya sedang dalam pengembangan interface-misalnya, fpgui, widget set yang ditulis sepenuhnya dalam Object Pascal dan Kakao untuk Mac OS baru perpustakaan X. Beberapa lainnya sedang LCL Dalam, pengembangan antarmuka-misalnya, fpgui, mengatur widget Yang Ditulis Dalam, Object Pascal sepenuhnya murah Kakao UNTUK Mac OS X. Jadi Perpustakaan baru, jika Anda tidak peduli widget asli dan Anda ingin aplikasi Anda terlihat dan merasa persis sama pada semua platform, Anda dapat menggunakan LCL dan perpustakaan fpgui, yang saat ini berjalan pada MS Windows, MS Windows CE dan Linux dengan X. Jadi, jika ANDA Tidak Peduli widget asli murah ANDA Ingin terlihat murah aplikasi ANDA merasa persisten Semua platform yang sama PADA, ANDA dapat menggunakan LCL murah Perpustakaan fpgui, Yang SAAT BERJALAN PADA nya MS Windows, MS Windows CE murah Linux DENGAN X.
Lazarus IDE menggunakan LCL dan memiliki desainer formulir terintegrasi visual, yang memungkinkan Anda untuk mengedit bentuk grafis, seperti Glade atau Trolltech Qt Designer yang. Lazarus IDE menggunakan LCL murah memiliki desainer formulir visual yang terintegrasi, Yang memungkinkan ANDA UNTUK mengedit Bentuk grafis, seperti Glade atau Trolltech Qt Designer yang. Desainer Lazarus bekerja secara langsung dengan sumber Pascal satuan yang sesuai. Lazarus desainer bekerja secara Langsung DENGAN sumber Pascal satuan Yang Sesuai. Misalnya, klik ganda pada sebuah tombol pada designer secara otomatis membuat OnClick dalam kode sumber dan menghubungkan tombol dan event handler. Misalnya, klik ganda Sebuah Tombol PADA PADA desainer secara Otomatis cara membuat OnClick Dalam, Kode Tombol menghubungkan sumber murah murah event handler. Tidak ada pekerjaan lebih lanjut diperlukan-hanya mengkompilasi dan menjalankan. Tidak ada Pekerjaan Lebih lanjut diperlukan-Hanya menjalankan mengkompilasi murah. Dan, ia bekerja mundur juga. Dan, AGLOCO bekerja mundur juga. Hapus metode dari kode, dan IDE akan lepaskan dari bentuk yang dirancang. Hapus METODE Dari Kode, murah IDE Akan Lepaskan Dari Bentuk Yang dirancang.
IDE bahkan mendukung menghubungkan dua bentuk yang dirancang. IDE bahkan mendukung menghubungkan doa Bentuk Yang dirancang. Itu berarti komponen pada Form1 dapat mengakses komponen pada Form2. Berarti ITU PADA Komponen Form1 dapat mengakses Komponen PADA Form2. Tidak ada kode sumber tambahan diperlukan untuk ini, hanya beberapa klik mouse. Tidak ada Kode sumber Tambahan diperlukan UNTUK ini, Hanya beberapa klik mouse.
Desainer juga memungkinkan Anda untuk mewarisi bentuk visual. Desainer juga memungkinkan ANDA UNTUK mewarisi Bentuk visual. Misalnya, bentuk dasar dapat dibuat untuk semua dialog aplikasi. Misalnya, Bentuk Dasar dapat Dibuat UNTUK Semua aplikasi dialog. Keturunan dapat dibuat visual yang mewarisi dari dialog ini. Keturunan Dibuat visual yang dapat mewarisi Dari Yang dialog ini. Tidak ada kode sumber tambahan diperlukan. Tidak ada Kode sumber Tambahan diperlukan. Bahkan menanamkan suatu bentuk menjadi bentuk yang lain sebagai subkomponen dapat dilakukan secara visual. Bahkan menanamkan suatu Bentuk Bentuk Yang menjadi lain sebagai subkomponen dapat dilakukan secara visual.
Tentu saja, semuanya dilakukan pada designer dapat dilakukan melalui source code pada saat runtime juga. Tentu Saja, semuanya dilakukan PADA desainer dapat dilakukan melalui kode sumber PADA SAAT runtime juga. Data disimpan dalam bentuk. LFM file, yang adalah file teks sederhana, sehingga mereka adalah cross-platform juga. Data disimpan Dalam, Bentuk. LFM file, Yang adalah berkas Teks Sederhana, sehingga mereka adalah cross-platform juga.
Lazarus memberikan Solusi Kode Yang Luar Biasa asli. Compiler dan perpustakaan sebagian besar ditulis dengan cross-platform dalam pikiran. Compiler Perpustakaan sebagian gede murah Ditulis DENGAN lintas-platform Dalam, Pikiran. Itu sebabnya program yang ditulis dalam Free Pascal tidak perlu menjalankan script configure sebelum kompilasi. ITU sebabnya Program Yang Ditulis Dalam, Free Pascal Tidak njaluk menjalankan script configure Sebelum Kompilasi. Jenis dasar, seperti char, byte bilangan bulat, dan string, bekerja sama pada semua platform. Jenis Dasar, seperti char, byte bilangan bulat, murah string, bekerja sama PADA Semua platform. Integer selalu adalah sebuah nilai 32-bit ditandatangani. Selalu Integer adalah Sebuah Nilai 32-bit ditandatangani. Integer 64-bit disebut Int64. Integer 64-bit disebut Int64. Integer asli untuk prosesor disebut PtrInt untuk ditandatangani dan PtrUInt untuk nilai unsigned. Integer asli UNTUK prosesor disebut PtrInt UNTUK ditandatangani murah PtrUInt UNTUK Nilai unsigned. Lazarus sendiri dapat dikompilasi dengan membuat sederhana atau grafis dalam IDE itu sendiri. Lazarus SENDIRI DENGAN dapat dikompilasi cara membuat grafis atau Sederhana Dalam, IDE ITU SENDIRI. Dan, tentu saja, Lazarus dikembangkan dengan Lazarus. Dan, tentu lembut dan sehat, Lazarus dikembangkan DENGAN Lazarus.
Perpustakaan runtime FPC yang tidak menggunakan libc, melainkan menggunakan fungsi kernel, yang berubah lebih sering. Perpustakaan runtime FPC Yang Tidak menggunakan libc, melainkan menggunakan kernel Fungsi, Yang Lebih SERING berubah. Oleh karena itu, dibuat executable biasanya bekerja pada berbagai distribusi Linux dan tidak perlu dikompilasi ulang untuk setiap versi glibc baru. Oleh KARENA ITU, Dibuat dieksekusi biasanya bekerja Berbagai Distribusi Linux PADA murah njaluk dikompilasi ulang Tidak UNTUK setiap versi glibc baru.
Dengan Lazarus, Anda dapat menulis dan debug bagian terbesar di Linux. DENGAN Lazarus, ANDA dapat men-debug BAGIAN menulis murah terbesar di Linux. Tapi akhirnya, Anda harus mengujinya pada target lain. TAPI Akhirnya, ANDA PADA Harus mengujinya sasaran lain. Namun, Anda tidak perlu menginstal Lazarus dan semua alat pengembangan pada semua platform target Anda. Namun, ANDA Tidak Menginstal Lazarus murah njaluk Semua alat pengembangan platform yang ANDA PADA Semua target. Palang kompilasi dapat digunakan untuk mengembangkan di Linux dan target sistem operasi lain atau prosesor. Palang dapat digunakan Kompilasi UNTUK mengembangkan di Linux Sistem Operasi murah sasaran lain atau prosesor. Misalnya, Anda dapat mengembangkan di Linux dan membuat executable Windows, dan kemudian menguji mereka dengan Wine atau dalam mesin virtual yang menjalankan Windows, atau pada sistem Windows yang sebenarnya. Misalnya, ANDA dapat mengembangkan di Linux murah cara membuat Windows executable, murah kemudian menguji mereka DENGAN Anggur Dalam, atau mesin virtual yang menjalankan Yang Windows, atau Windows PADA Sistem Yang sebenarnya. Palang kompilasi adalah besar penghemat waktu, karena memungkinkan Anda untuk menguji pada beberapa platform cepat dan menggunakan program favorit Anda saat berkembang. Palang Kompilasi gede adalah penghemat Waktu, KARENA ANDA UNTUK memungkinkan beberapa platform yang menguji PADA cepat murah menggunakan Program favorit ANDA SAAT berkembang.
Catatan, bagaimanapun, bahwa kompilasi silang tidak memerlukan Anda untuk menginstal cross-compile alat dan perpustakaan, yang bisa rumit. Catatan, bagaimanapun, bahwa Kompilasi Medan Tidak memerlukan ANDA UNTUK Menginstal cross-compile alat murah Perpustakaan, Yang Bisa rumit. Versi dikompilasi belum ada untuk semua host mungkin dan target. Versi dikompilasi belum ada UNTUK Semua tuan Ujug murah target. Mudah arah disediakan untuk Linux ke Windows, karena Anggur, dan Windows untuk Windows CE, karena ada installer dengan semua peralatan yang diperlukan. Mudah Arah disediakan UNTUK Linux ke Windows, KARENA Anggur, murah Windows untuk windows CE, KARENA DENGAN Semua ada installer Peralatan Yang diperlukan.
Menyiapkan Kompilasi Palang Palang Menyiapkan Kompilasi
Pertama, Anda perlu menyeberang mengkompilasi dan menginstal GNU binutils. Pertama, ANDA njaluk menyeberang mengkompilasi murah Menginstal GNU binutils. Hal ini didokumentasikan dengan baik di beberapa situs, termasuk Wiki Lazarus (lihat Sumber). Hal ini didokumentasikan di beberapa DENGAN Baik situs, Termasuk Wiki Lazarus (lihat Sumber). Bagi banyak target, ini adalah yang sederhana seperti men-download tar.gz tunggal dan menjalankan script dengan beberapa parameter. BAGI BANYAK target, ini adalah Sederhana Yang seperti pria-download tar.gz tunggal menjalankan skrip DENGAN murah beberapa parameter.
Langkah berikutnya adalah untuk mengkompilasi silang Pascal perpustakaan gratis. Langkah Berikutnya adalah mengkompilasi UNTUK Silang Pascal Perpustakaan gratis. Jika Anda ingin menyeberang mengkompilasi ke jenis lain prosesor, Anda perlu menyeberang mengkompilasi compiler juga. Jika ANDA Ingin menyeberang ke mengkompilasi Jenis lain prosesor, ANDA njaluk menyeberang mengkompilasi compiler juga. Sekali lagi, untuk target banyak, script yang lengkap tersedia. Sekali lagi, sasaran UNTUK BANYAK, Script Yang Tersedia lengkap.
Jika program Anda membutuhkan pihak ketiga perpustakaan, ini harus lintas dikompilasi juga. Jika ANDA membutuhkan Program pihak ketiga Perpustakaan, ini juga Harus lintas dikompilasi. Jika mereka ditulis sepenuhnya dalam Object Pascal, biasanya Anda hanya dapat mengkompilasi mereka. Jika mereka sepenuhnya Ditulis Dalam, Object Pascal, biasanya ANDA Hanya dapat mengkompilasi mereka. Lazarus akan melakukannya secara otomatis untuk Anda. Akan Lazarus melakukannya secara Otomatis UNTUK ANDA. Jika mereka menggunakan sistem perpustakaan, dapat menjadi sulit. Jika mereka menggunakan Sistem Perpustakaan, dapat menjadi Sulit. Masalah kemudian sama untuk C / C + + compiler. Masalah kemudian sama UNTUK C / C + + compiler.
Setelah Anda menginstal cross compiler dan perpustakaan, lintas kompilasi menjadi mudah di Lazarus. Setelah ANDA Menginstal Perpustakaan kompilator silang murah, lintas Kompilasi menjadi Mudah di Lazarus. Cukup berikan opsi-T ke compiler. Cukup berikan OPSI-T ke compiler. Misalnya, lulus-Twin32 untuk mengkompilasi dieksekusi 32-bit Windows bukan biner Linux. Misalnya, lulus-Twin32 UNTUK mengkompilasi dieksekusi 32-bit Windows Bukan biner Linux. Opsi-P mendefinisikan prosesor target. OPSI-P mendefinisikan prosesor target. Biasanya, Anda bahkan tidak perlu untuk melewati jalur pencarian khusus, karena skema jalur yang digunakan. Biasanya, bahkan ANDA UNTUK Tidak njaluk melewati Jalur Khusus pencarian, KARENA skema Jalur Yang digunakan. Misalnya, unit untuk compiler Pascal FPC 2.3.1, untuk prosesor i386 jenis, dan untuk target sistem operasi Linux diinstal di / usr/lib/fpc/2.3.1/units/i386-linux /. Misalnya, unit kompilator Pascal FPC UNTUK 2.3.1, UNTUK prosesor i386 Jenis, murah Sistem Operasi UNTUK menargetkan Linux diinstal di / usr/lib/fpc/2.3.1/units/i386-linux /. Semua nama file dan path pencarian dari kompiler dan macro dukungan IDE, yang sangat mengurangi jumlah parameter baris perintah dan pengaturan konfigurasi. Semua Nama File murah jalan pencarian Dari kompiler murah makro Dukungan IDE, Yang sangat mengurangi Jumlah baris perintah murah Parameter Konfigurasi pengaturan.
Lazarus mengurangi jumlah platform pengaturan spesifik lebih jauh. Lazarus mengurangi Jumlah platform yang spesifik Lebih Jauh pengaturan. IDE memungkinkan Anda untuk menggabungkan beberapa direktori sumber ke dalam suatu paket Lazarus. IDE ANDA UNTUK memungkinkan menggabungkan beberapa sumber Direktori ke Dalam, suatu paket Lazarus. Paket Lazarus dapat menjadi perpustakaan atau hanya sebuah modul logis dari proyek besar. Paket Lazarus dapat menjadi Perpustakaan atau Hanya Sebuah modul logistik Dari Proyek gede. Sebuah paket memiliki jalur pencarian sendiri, pengaturan sendiri compiler dan macro sendiri. Sebuah paket memiliki Jalur pencarian SENDIRI, pengaturan compiler murah makro SENDIRI SENDIRI. Semua nama file dan path pencarian disimpan relatif ke file konfigurasi (. LPK file). Semua Nama File murah path pencarian file yang disimpan relatif ke Konfigurasi (. LPK file). Sebuah paket dapat menggunakan paket-paket lain dan mewarisi path pencarian dan pengaturan compiler. Sebuah paket dapat menggunakan paket-paket lain murah mewarisi pencarian jalan murah pengaturan compiler. Anda dapat menyimpan paket mana saja pada disk. ANDA dapat menyimpan paket mana lembut dan sehat PADA disk. Semua path pencarian yang disesuaikan otomatis on the fly. Semua jalur pencarian Yang disesuaikan Otomatis on the fly. Dan, karena sumber setiap namespace sendiri, jarang ada konflik nama. Dan, KARENA sumber setiap namespace SENDIRI, Jarang ada konflik Nama. Anda dapat beralih ke versi lain hanya dengan membuka file. LPK. ANDA dapat beralih ke versi lain Hanya DENGAN Membuka file. LPK. Masing-masing paket juga memiliki direktori output sendiri, biasanya satu untuk setiap platform, yang dibuat secara otomatis. Masing-Masing paket juga memiliki Direktori keluaran SENDIRI, biasanya Satu UNTUK setiap platform, Yang Dibuat secara Otomatis.
Ketika file sumber paket tersebut akan berubah, IDE secara otomatis mengkompilasi paket dan semua paket dalam proyek saat ini yang bergantung padanya. Ketika berkas sumber paket tersebut Akan berubah, IDE secara Otomatis mengkompilasi paket murah paket Semua Proyek Dalam, SAAT nya bergantung padanya Yang. Anda dapat menyempurnakan otomatisasi ini untuk setiap paket. ANDA dapat menyempurnakan otomatisasi ini setiap UNTUK paket.
Bila Anda beralih platform target dalam IDE, direktori keluaran semua paket 'yang diaktifkan. Bila ANDA beralih platform target Dalam, IDE, Direktori Keluaran Semua paket 'Yang diaktifkan. Compiler pilihan dialog yang ditunjukkan pada Gambar 2. Kompilator pilihan dialog Yang ditunjukkan Gambar 2 PADA.
 
Gambar 2. Gambar 2. Lazarus Lazarus Compiler Kompilator Pilihan Pilihan
Ujug Lazarus lintas-platform Yang Paling asli Lingkungan Yang BERJALAN pengembangan di Linux, Windows murah Mac OS X. Gunakan cara membuat aplikasi asli UNTUK DENGAN platform Independen Kode.
Kode Penyelesaian dan Cross-Mengedit Kode Penyelesaian murah Cross-Mengedit
IDE paling modern memiliki beberapa kode-fitur selesai. IDE modern yang memiliki beberapa pagar Kode-fitur Selesai. IDE menggunakan Codetools untuk mengurai sumber. IDE menggunakan Codetools UNTUK mengurai sumber. Codetools adalah library parser, pencarian dan alat refactoring dan independen dari versi compiler spesifik. Codetools adalah perpustakaan parser, pencarian murah alat refactoring murah Independen Dari versi compiler spesifik. Hal ini memungkinkan IDE untuk menangani beberapa versi compiler dan untuk beralih di antara mereka dengan mudah. Hal ini memungkinkan IDE UNTUK menangani beberapa versi kompiler murah UNTUK beralih di ANTARA mereka DENGAN Mudah.
Ini juga mendukung lintas-editing. Ini juga mendukung lintas-mengedit. Sebagai contoh, mungkin untuk mengembangkan di Linux dan menulis kode untuk Windows. Sebagai contoh, Ujug UNTUK mengembangkan di Linux murah menulis Kode untuk windows. Ketika sebuah cross compiler-platform diinstal, cukup menetapkan target OS ke Windows dalam IDE. Ketika Sebuah kompilator silang-platform diinstal, Cukup menetapkan OS sasaran ke Windows Dalam, IDE. IDE navigasi kode dan kode-fitur selesai sekarang akan bekerja sebagai jika Anda bekerja di bawah Windows. IDE NAVIGASI Kode murah Kode-fitur SEKARANG Akan Selesai bekerja sebagai jika bekerja di bawah ANDA Windows. Contoh berikut menggambarkan hal ini: Contoh berikut menggambarkan Hal ini:
{$ Ifdef Linux} {$ ifdef Linux}
/ / Menulis kode untuk Linux di sini / / Menulis Kode di Sini UNTUK Linux
{$ ENDIF} {$ ENDIF}
Tanda kurung kurawal adalah petunjuk compiler dan bekerja sama dengan arahan C preprocessor. Tanda kurung kurawal adalah petunjuk kompiler bekerja sama DENGAN murah Arahan C preprocessor. Kode antara arahan akan dilewati oleh kompilator kecuali saat kompilasi untuk Linux. Kode ANTARA Arahan Akan dilewati oleh kompilator kecuali SAAT UNTUK Kompilasi Linux. IDE ini sedikit lebih cerdas. IDE ini Sedikit Lebih Cerdas. Ketika sistem target yang berbeda operasi aktif, kode tertutup akan dalam kebanyakan kasus bertindak seperti komentar. Ketika Sistem Operasi Target Yang berbeda aktif, Dalam, Akan tertutup Kode kebanyakan bertindak seperti komentar Kasus. Namun, alat-alat seperti menemukan deklarasi akan tetap bekerja dalam kode ini sehingga Anda tidak perlu beralih target terlalu sering. Namun, alat-alat seperti deklarasi Menemukan Akan Tetap Dalam, Kode ini bekerja sehingga ANDA Tidak njaluk beralih sasaran Terlalu SERING. Beberapa macro lain yang mungkin digunakan adalah: Beberapa makro lain Yang Ujug digunakan adalah:
{$ Ifdef MSWindows} {$ ifdef MSWindows}
/ / Kode untuk semua jenis jendela / / Kode UNTUK Semua Jenis Jendela
{$ ENDIF} {$ ENDIF}
{$ Ifdef LCLGTK2} {$ ifdef LCLGTK2}
/ / Kode saat menggunakan GTK2 sebagaimana widget / / Kode SAAT menggunakan GTK2 sebagaimana widget
{$ ENDIF} {$ ENDIF}
{$ Ifdef big_endian} {$ ifdef big_endian}
/ / Kode untuk prosesor endian besar seperti / powerpc / Kode UNTUK prosesor endian gede seperti powerpc
{$ ENDIF} {$ ENDIF}
{$ Ifdef CPU64} {$ ifdef CPU64}
/ / Kode untuk 64 bit prosesor / / Kode UNTUK prosesor 64 bit
{$ ENDIF} {$ ENDIF}
Umumnya meskipun, kode tingkat tinggi tidak perlu macro ini, karena sistem perpustakaan FPC menyediakan sebagian besar cross-platform fungsi dan konstanta yang Anda butuhkan. Umumnya meskipun, tingkat Tinggi Kode Tidak njaluk makro ini, KARENA Sistem Perpustakaan FPC menyediakan sebagian gede cross-platform Fungsi murah konstanta Yang ANDA butuhkan. Misalnya, Lazarus IDE, dengan sekitar 200.000 baris kode, menggunakan mereka dalam waktu kurang dari 100 tempat. Misalnya, Lazarus IDE, DENGAN Sekitar 200.000 baris Kode, mereka menggunakan Waktu Kurang Dari Dalam, 100 Tempat.
Cross-Platform Penanganan Berkas Cross-Platform Penanganan Berkas
Ada berbagai fungsi untuk cross-platform penanganan file yang secara otomatis menggunakan pembatas jalan yang benar, kasus dan spesial sistem lainnya. Ada Berbagai Fungsi UNTUK lintas-platform penanganan file yang secara Otomatis Yang menggunakan pembatas Jalan Yang Benar, Kasus spesial murah Sistem lainnya. Alih-alih menggunakan garis miring untuk direktori terpisah, Anda harus menggunakan PathDelim konstan. Alih-Alih menggunakan Garis miring UNTUK Direktori terpisah, ANDA Harus menggunakan PathDelim konstan. Di Linux, pembatas jalan ganda diperlakukan sebagai satu, sehingga Anda dapat menggabungkan nama file sederhana. Di Linux, pembatas jalan ganda diperlakukan sebagai Satu, sehingga dapat menggabungkan ANDA Nama File Sederhana. Ini tidak bekerja pada MS Windows, di mana nama direktori kosong yang diperbolehkan. Tidak ini bekerja PADA MS Windows, di mana Nama Direktori kosong Yang diperbolehkan. Oleh karena itu, nama file harus dinormalisasi dengan salah satu fungsi berikut: Oleh KARENA ITU, Nama File Harus dinormalisasi DENGAN salah Satu Fungsi berikut:
• TrimFilename: menghilangkan terkemuka dan spasi, menggabungkan dua-jalur pembatas dan melakukan beberapa pembersihan kecil. TrimFilename: menghilangkan spasi terkemuka murah, menggabungkan doa-Jalur pembatas murah melakukan beberapa pembersihan Kecil.
• CleanAndExpandFilename: memperluas ~ untuk direktori home di Linux, trim file seperti di atas dan chomps jalan apapun pembatas trailing. CleanAndExpandFilename: memperluas ~ UNTUK Direktori di Linux rumah, rapikan file yang seperti di Atas murah chomps setiap pembatas jalan trailing.
• CleanAndExpandDirectory: bekerja sama dengan CleanAndExpandFilename, tetapi menambahkan pembatas jika hilang. CleanAndExpandDirectory: bekerja sama DENGAN CleanAndExpandFilename, tetapi menambahkan pembatas jika hilang.
Sebuah fungsi yang sangat berguna adalah CompareFilenames, yang membandingkan dua string dikodekan dalam UTF-8 dengan cara biasa untuk sistem operasi. Sebuah Fungsi Yang sangat Berguna adalah CompareFilenames, Yang membandingkan string yang dikodekan doa Dalam, UTF-8 DENGAN cara biasa UNTUK Sistem Operasi. Di Linux, membandingkan mereka kasus-sensitif dan membedakan berbagai pengkodean dari umlaut a-. Di Linux, mereka membandingkan Kasus-Sensitif murah membedakan Berbagai pengkodean Dari umlaut a-. Dalam Mac OS X, filesystem biasanya case-insensitive, dan semua a-umlauts dinormalisasi dan diperlakukan sama. Dalam, Mac OS X, filesystem biasanya case-insensitive, murah Semua a-umlauts dinormalisasi murah diperlakukan sama. CompareFilenames tidak memeriksa filesystem yang sebenarnya, yang mungkin case-insensitive. Tidak CompareFilenames memeriksa filesystem Yang sebenarnya, Yang Ujug case-insensitive. Ini adalah fungsi membandingkan cepat untuk menyortir nama file. Fungsi ini adalah membandingkan UNTUK cepat menyortir Nama File.
Bila aplikasi Anda perlu untuk menyimpan beberapa file konfigurasi, gunakan GetAppConfigFile fungsi untuk mendapatkan direktori standar. Bila aplikasi ANDA UNTUK njaluk menyimpan beberapa berkas Konfigurasi, gunakan GetAppConfigFile Fungsi UNTUK mendapatkan Direktori Standar. Di Linux, ini adalah / home / username / .config / ProjectName /. Di Linux, ini adalah / home / username /. Config / ProjectName /. Untuk file konfigurasi, format standar seperti XML atau file INI yang direkomendasikan, yang dapat diciptakan oleh-mudah-digunakan di kelas TXMLConfig xmlcfg unit dan TIniFile dalam file Unit INI. UNTUK file yang Konfigurasi, Format Standar seperti XML atau file INI Yang direkomendasikan, Yang dapat diciptakan oleh-Mudah-digunakan di kelas TXMLConfig Unit xmlcfg murah TIniFile Dalam, file INI Unit.
Setiap sistem operasi memiliki ide sendiri aplikasi. Setiap Sistem Operasi memiliki ide SENDIRI aplikasi. Jendela embeds ikon Explorer dan informasi versi dalam biner. Jendela embeds ikon Explorer versi murah Informasi Dalam, biner. Sejak Windows XP, file manifest dapat ditambahkan untuk mengaktifkan mendukung tema. Sejak Windows XP, file manifest dapat ditambahkan UNTUK mengaktifkan mendukung tema. Dalam Mac OS X, sebuah aplikasi disebut bundel aplikasi dan direktori dengan XML dan file beberapa sumber daya. Dalam, Mac OS X, Sebuah aplikasi disebut Bundel aplikasi murah Direktori DENGAN XML file yang murah beberapa sumber Daya. Dalam OS X Finder, direktori ditampilkan sebagai program dieksekusi, dan file-file yang sebenarnya tersembunyi. Dalam, OS X Finder, Direktori ditampilkan sebagai program yang dieksekusi, file-file murah Yang sebenarnya tersembunyi. Sebuah aplikasi grafis tanpa bundel file ini dapat dimulai, tetapi tidak menerima masukan apapun. Sebuah aplikasi grafis Tanpa file ini dapat Bundel dimulai, tetapi Tidak menerima Masukan apapun. IDE secara otomatis membuat dan update file-file ini khusus dan struktur untuk Anda. IDE secara Otomatis murah cara membuat file update-file ini Khusus murah Struktur UNTUK ANDA.
Memperluas IDE IDE Memperluas
Banyak paket memperpanjang IDE dengan alat yang berguna dan editor grafis. Banyak, paket memperpanjang alat DENGAN IDE Yang Berguna murah Editor grafis. Beberapa contoh berikut. Beberapa contoh berikut.
Untuk cross-platform pengembangan OpenGL, Lazarus menyediakan komponen sederhana bernama TOpenGLControl, yang dapat digunakan pada setiap dialog LCL. UNTUK pengembangan lintas-platform OpenGL, Lazarus menyediakan Komponen Sederhana Bernama TOpenGLControl, Yang dapat digunakan PADA setiap dialog LCL. Ada lebih-maju pihak ketiga paket, seperti GLScene dan Asmoday, yang menyediakan API berorientasi obyek untuk OpenGL. Ada Lebih Maju pihak ketiga-paket, seperti GLScene murah Asmoday, Yang menyediakan API berorientasi obyek UNTUK OpenGL.
Anda dapat menulis lintas platform daemon yang berjalan di Linux sebagai daemon dan di bawah MS Windows sebagai layanan dengan paket lazdaemon. ANDA dapat menulis lintas platform yang daemon di Linux Yang BERJALAN sebagai daemon murah di bawah MS Windows sebagai layanan paket DENGAN lazdaemon.
Ada beberapa paket cross-platform untuk database. Ada beberapa paket cross-platform UNTUK database. Misalnya, paket sqldblaz menyediakan cross-platform akses dan cross-database akses ke banyak sistem database umum. Misalnya, paket sqldblaz menyediakan cross-platform AKSes murah cross-database AKSes ke Sistem BANYAK Umum database.
Kesimpulan
Artikel ini memberikan gambaran singkat tentang bagaimana Lazarus dan FPC membuat cross-platform pengembangan yang mudah dengan compiler asli cepat. Artikel ini memberikan Gambaran Singkat tentang bagaimana cara membuat FPC Lazarus murah lintas-platform pengembangan Yang Mudah DENGAN kompiler asli cepat. Pengembang memiliki pilihan untuk mengoptimalkan sejauh yang mereka inginkan, bahkan hingga ke tingkat perakitan atau dengan mengakses sistem perpustakaan secara langsung. Pengembang memiliki pilihan UNTUK mengoptimalkan Yang mereka inginkan sejauh, bahkan hingga ke tingkat perakitan atau mengakses DENGAN Sistem Perpustakaan secara Langsung. Para editor visual yang memungkinkan Anda untuk merancang dialog dan aplikasi database dengan cepat. Para editor visual memungkinkan ANDA UNTUK Yang merancang aplikasi database yang murah dialog DENGAN cepat. Sistem paket sangat menyederhanakan penataan proyek-proyek besar dan kode port dan mendistribusikan ke platform lainnya. Sistem paket sangat menyederhanakan Proyek-Proyek penataan gede murah Kode pelabuhan murah mendistribusikan ke platform yang lainnya. IDE lintas-fitur editing memungkinkan pengembang untuk bekerja di bawah Linux dan kode untuk target lain. IDE lintas-fitur editing memungkinkan pengembang bekerja di bawah UNTUK Linux murah Kode UNTUK sasaran lain.

0 Response to "Lazarus"

Post a Comment