CONTOH KARYA ILMIAH

MENENTUKAN S.P.O.K PADA SEBUAH KALIMAT ACAK DENGAN APLIKASI JAVA DAN BASIS DATA MYSQL

Karya Ilmiah
Diajukan untuk Memenuhi Syarat Lulus Mata Kuliah Bahasa Indonesia
Disusun Oleh:

FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS
2014
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang telah dilimpahkan kepada Penulis sehingga Penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Menentukan S.P.O.K Pada Sebuah Kalimat Acak Dengan Aplikasi Java Dan Basis Data Mysql” yang merupakan salah satu tugas terstruktur Bahasa Indonesia pada semester empat.
Dalam karya ilmiah ini saya membahas mengenai bagaimana mengidentifikasikan subjek, prediket, objek dan predikat. Dibutuhkan kemampuan mengindentifikasi kata dan menyusun kata, sehingga formula menyusun kata sesuai dengan kalimat S.P.O.K.
Dalam menyelesaikan karya ilmiah ini, Penulis telah banyak mendapat bantuan dan masukan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada:
  1. Ibu Kasih selaku Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia Universitas Pamulang yang telah memberikan tugas karya ilmiah ini sehingga pengetahuan Penulis dalam penulisan makalah ini makin bertambah dan hal itu sangat bermanfaat bagi penyusunan skripsi saya di kemudian hari.
  2. Pihak-pihak yang tidak dapat Penulis sebutkan satu persatu yang telah turut membantu sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik dalam waktu yang tepat.
Penulis menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian telah memberikan manfaat bagi Penulis. Akhir kata Penulis berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yang bersifat menbangun akan Penulis terima dengan senang hati.
Tangerang, 26  Januari 2014

Penulis
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN.. 1
  1. Latar belakang. 1
  2. Rumusan Masalah. 1
  3. Tujuan. 2
  4. Manfaat 2
BAB II PEMBAHASAN.. 3
  1. Landasan Teori 3
  2. Pembahasan. 4
PENUTUP. 6
DAFTAR PUSTAKA.. 7

PENDAHULUAN


A. Latar belakang


Bahasa Indonesia digunakan untuk tujuan tertentu dan konteks tersebut yang menentukan kalimat yang digunakan. Terdapat berbagai ragam kesalahan ketika menggunakan aplikasi penerjemah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia yang masih menerjemahkan persatuan kata.
Pembahasan lebih lanjut dalam tulisan ini lebih mengkhusus pada solusi menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia yang sesuai S.P.O.K pada aplikasi Java dengan basis data MYSQL. Mahasiswa disadarkan bahwa pentingnya berkomunikasi lintas bahasa, disamping mengenalkan bahasa negara Indonesia ke luar negeri. Diharapkan dapat mengurangi kesalahpahaman saat menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia.
Penggunaan aplikasi penerjemah bahasa masih acap kali ditemukan kesalahan pada penyusunan kata – kata yang diterjemah menjadi kalimat. Maka dari itu, tulisan ini hadir sebagai salah satu media untuk membantu mahasiswa dan peneliti lainnya memahami tentang bahasa Indonesia dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk aplikasi yang diharapkan terjadinya perbaikan kualitas terjemah pada aplikasi.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana menentukan kata sebagai subjek?
  2. Bagaimana menentukan kata sebagai objek?
  3. Bagaimana menentukan kata sebagai predikat?
  4. Bagaimana menentukan kata sebagai keterangan?
  5. Bagaimana metode menyusun kata acak menjadi kalimat S.P.O.K?

C. Tujuan


  1. Untuk mengidentifikasi subjek pada kalimat.
  2. Untuk mengidentifikasi objek pada kalimat.
  3. Untuk mengidentifikasi keterangan pada kalimat.
  4. Untuk mengidentifikasi predikat pada kalimat.
  5. Untuk menyelesaikan penyusunan kata – kata menjadi kalimat S.P.O.K.

D. Manfaat

  1. Teoritis
Sebagai referensi algoritma menyusun kata sebagai kalimat dasar dalam bahasa Indonesia serta memahami ciri dan karakteristiknya sehingga dapat diterapkan dalam penggunaanya.
  1. Praktis
A. Bagi pelajar
Sebagai sarana atau sumber belajar untuk lebih paham tentang ragam ilmiah.
B. Bagi pengajar
Sebagai salah satu rujukan pemberian informasi kepada peserta didik tentang pemahaman ragam ilmiah.
C. Bagi Pengembang
Sebagai salah satu referensi dan dasar untuk dikembangkan penerepannya dalam bentuk kalimat yang lain atau paragraf.

PEMBAHASAN

A. Landasan Teori

Pola Kalimat 
Kalimat menurut Ramlan (1981: 27) adalah satuan gramatik yang dibatasi oleh adanya jeda panjang yang disertai nada akhir turun atau naik. Dalam definisi ini suatu kalimat diungungkap dari sisi ragam bahasa lisan, yaitu ditunjukkan dengan adanya jeda dan nada. Pada contoh kalimat yang dikemukakan di atas, contoh yang dikemukakan adalah ragam bahasa tulis. Bahkan tidak terdapat uraian intonasinya. Pada intinya suatu kalimat berita menurut Ramlan berintonasi [2] 3 // [2] 3 (1) #. Namun keterbatasan transkripsi intonasi membuat pembelajar mempertimbangkan tempat-tempat perubahan intonasi itu terjadi dan tinggirendah intonasi itu.
Kalimat menurut Moeliono (1998: 311) adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam definisi ini terungkap dua wujud kalimat: lisan dan tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan atau asimilasi bunyi atau proses fonologis lainnya. Dalam wujud tulisan berhuruf Latin, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!); sementara itu, di dalamnya disertakan pula berbagai tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda pisah (–), dan spasi. Tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru sepadan dengan intonasi akhir, sedangkan tanda baca lain sepadan dengan jeda. Spasi yang mengikuti tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru melanmbangkan kesenyapan.

B. Pembahasan

Aplikasi Penerjemah Bahasa
Aplikasi penerjemah bahasa ialah dengan menerjemahkan kata per kata pada kata, kalimat, paragraf yang akan diterjemahkan. Aplikasi ini membutuhkan basis data sebagai media penyimpanan daring pada setiap kosa kata bahasa, lalu diolah penerjemahannya dengan aplikasi dalam studi ini mengangkat aplikasi java sebagai platform aplikasi.
Java merupakan bahasa pemograman yang multi sistem operasi, maka dari itu Java dapat berjalan diberbagai sistem operasi, berjalan baik pada  aplikasi situs, aplikasi desktop, maupun aplikasimobile. Penulis sengaja mengangkat java sebagai media karena keunggulan ini.

  1. Skema Menerjemahkan Bahasa pada Aplikasi
Berikut ini skema yang berjalan pada aplikasi menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya menggunakan aplikasi Java dengan basis data MYSQL.
Bahasa Asing
Bahasa Indonesia
Aplikasi Java
Basis Data MYSQL
Kecerdasan Buatan
  1. Menentukan & Menyusun Kata Sesuai S.P.O.K
Memisah kata per kata dari kalimat.
Mencocokan kata per kata dengan kosa kata yang disimpan pada basis data.
Menyeleksi kata sesuai dengan status dari kata tersebut (S/P/O/K)
Menyusun ulang kalimat berdasarkan dengan susunan kalimat S.P.O.K
  1. Cara Kerja Aplikasi
User menjalankan aplikasi
User memasukan kata / kalimat bahasa asing ke dalam kotak yang disediakan
Setiap kata yang terekam akan ditentukan statusnya (S/P/O/K)
Kata – kata yang telah disusun, ditampilkan sebagai hasil terjemah
Kecerdasan buatan akan mengambil mean pada pola – pola kalimat
Kecerdasan buatan akan mempelajari pola – pola kalimat baru
Kecerdasan buatan merekam setiap pola kalimat yang akan diterjemah
Kata – Kata akan disusun ulang sesuai dengan pola S.P.O.K
Pada kondisi tertentu, pembacaan simbol seperti spasi, coma, dan titik dijadikan sebagai identifiersuatu pemisah kata
User  memilih jenis bahasa asing yang akan diterjemahkan ke bahasa Indonesia

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari pemaparan penulis menyimpulkan:
  1. Aplikasi penerjemah bahasa akan lebih meningkatkan kualitas hasil terjemah.
  2. Aplikasi penerjemah bahasa mengurangi resiko kesalahpahaman dalam menerjemah.
  3. Aplikasi penerjemah bahasa dapat mempelajari pola-pola kalimat yang sering digunakan dan menyimpan hasil rata-rata pola tersebut ke basis data sebagai bahan evaluasi atau pengembangan.
B. Saran
Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita semua mempelajari kalimat bahasa yang kita miliki, kemudian menerapkannya pada aplikasi yang dapat membantu banyak orang, ini akan memberikan kontribusi ke lingkungan umum dan juga ekonomi seperti meningkatnya turis karena kemudahan berkomunikasi dengan bantuan aplikasi penerjemah.

DAFTAR PUSTAKA

Moeliono, A. (ed) (1998) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta:Balai Pustaka.
Munir, Rinaldi, Diktat Kuliah IF3051 Strategi Algoritma. Program Studi Teknik Informatika ITB, 2012.
Munir, Rinaldi, Penerapan Algoritma Knuth Morris Pratt dalam Aplikasi
Penerjemah Teks. Buku Elektronik.
(http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2012-2013/Makalah2012/Makalah-IF3051-2012-093.pdf) Diakses pada 18 Januari 2015 Pukul 00.55
Oracle. 2012. ChangeEvent (Java Platform SE 7). Dokumentasi Daring.
(http://docs.oracle.com/javase/7/docs/api/javax/swing/event/ChangeEvent.html) Diakses pada 25 Januari 2015 pukul 11.00
Ramlan, M. (1981) Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono.

0 Response to "CONTOH KARYA ILMIAH"

Post a Comment