Buktikan Kemampuan Notebook AMD APU A10 dengan Libas GTA V!


Sebagian besar Gamers pasti sudah tahu mengenai game fenomenal satu ini. Setelah sebelumnya sempat menimbulkan kontroversi karena peluncurannya yang sempat tertunda cukup lama pada platform PC, akhirnya pada 14 April 2015 lalu penggemar game berbasis aksi petualangan Grand Theft Auto V bisa mendapat kesempatan untuk mencicipinya di PC atau notebook masing-masing.
Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Namun yang menjadi masalah selanjutnya adalah dengan ukuran file yang memakan banyak kapasitas pada Harddisk dan spesifikasi yang terbilang cukup tinggi banyak gamers yang kemudian ragu untuk memainkannya pada PC mereka, terutama pada Notebook yang biasanya memiliki kemampuan lebih terbatas. Oleh karena itulah, kami memutuskan untuk melakukan pengujian khusus pada platform Notebook untuk menjawab keraguan kalian yang sampai saat ini belum berani menjajal game GTA V dan masih bertanya-tanya “apakah Notebook saya bisa menjalankan game ini dengan baik tanpa hambatan?”. Mari langsung saja kita simak hasil uji Notebook dengan prosessor AMD APU A10 dalam memainkan GTA V pada pembahasan berikut ini.

Mengapa Menggunakan Notebook AMD APU A10?

Kali ini kami sengaja menggunakan Notebook dengan prosessor AMD APU A10 sebagai perangkat uji untuk menjalankan game GTA V. Tentu keputusan ini bukan dibuat sembarangan melainkan karena Notebook dengan spesifikasi terkait sudah termasuk dalam jajaran notebook yang cukup banyak digunakan kalangan gamers di Indonesia saat ini sehingga hasil pengujian kami bisa menjadi pedoman umum yang tepat bagi pembaca.
Selain itu Notebook dengan AMD APU A10 juga terbilang tangguh untuk menjalankan berbagai aplikasi dan game terkini dengan spesifikasi berat karena sudah menggunakan prosessor seri tinggi sehingga sangat tepat sebagai pilihan menjalankan game demanding seperti GTA V. Apalagi disertai arsitektur khusus Heterogeneus System Architecture (HSA) yang dapat membagi pekerjaan antara CPU core dan GPU core secara efisien plus dukungan Mantle dan DirectX12 API yang mampu berikan suntikan performa saat gaming. Tak heran bila Notebook AMD dengan prosessor AMD APU A10 ini mampu menjadi primadona saat ini di kalangan gamers yang menyukai perangkat gaming mobile mumpuni.
Untuk itulah kami mengambil sampel uji yang tentunya sudah menggunakan prosessor AMD APU A10, yakni ASUS X550ZE dengan AMD APU seri terbaru A10-7400P “Kaveri” yang sudah memiliki 10 Compute Core (4 CPU + 6 GPU) dan sudah dilengkapi dengan grafis RadeonTM R7 M265DX (Anda bisa membaca review lengkapnya di sini). Kami memilih ASUS X550ZE dengan kapasitas RAM bawaan sebesar 4GB dan Harddisk berkapasitas 1 TB dikarenakan spesifikasi standarnya sudah memenuhi syarat minimum untuk dapat menjalankan GTA V.

Metode Pengujian

Kali ini kami menggunakan Windows 8.1 64-bit dengan AMD Catalyst 15.5 Beta terbaru yang bisa langsung diunduh pada website resmi AMD. Sebelum bermain pastikan Anda mengaktifkan Mode High Performance atau Maximize Performance untuk mendapatkan performa maksimal pada Notebook Anda. Anda bisa mengaturnya dengan mengakses menu Power pada AMD Catalyst Control Centre.
AMD-Catalyst-Maximize-Performance-GTA-V-Notebook-A10
Notebook ASUS X550ZE dengan AMD APU A10 Kaveri ini sebetulnya memiliki kemampuan untuk mengaktifkan fitur Dual Graphics, dimana memungkinkan grafik terintegrasi pada APU dan grafis diskrit untuk bekerja bersamaan sehingga mendapat performa lebih tinggi. Namun berhubung game GTA V ini masih tergolong baru dan belum bisa memanfaatkan fitur Dual Graphics secara maksimal kami memutuskan untuk mematikan sementara fitur Dual Graphics pada pengujian kali ini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan Anda bisa menikmati peningkatan performa dengan fitur Dual Graphics menggunakan patch game GTA V dan driver AMD Catalyst terbaru yang sudah membawa lebih banyak perbaikan dan optimalisasi.
AMD-Catalyst-Dual-Graphics-Setting-GTA-V-Notebook-A10
Masuk pada eksekusi benchmark GTA V kami akan menggunakan fitur benchmark bawaan GTA V untuk menghitung jumlah FPS yang bisa dicapai oleh Notebook ini saat menjalankan game tersebut. Berikut pengaturan  GTA V yang kami terapkan saat melakukan pengujian dengan resolusi 1366×768 dan dengan setting grafis sebagian besar berada di tingkat Normal.
Setting-GTA-V-Notebook-A10
Setting-GTA-V-Notebook-A10
Setting-GTA-V-Notebook-A10
Hasil yang didapatkan ternyata sama sekali tidak mengecewakan! Hanya dengan spesifikasi Notebook minimal dengan RAM bawaan pas-pasan sebesar 4GB, ternyata Notebook ini mampu menjalankan game GTA V yang haus dengan kapasitas RAM besar ini hingga FPS maksimal mencapai 34 FPS. Tentunya dengan standar FPS minimum untuk gaming dengan nyaman adalah sebesar 30 FPS, bisa kita simpulkan bahwa dengan Notebook bertenaga prosessor AMD APU A10 Anda sudah bisa menikmati game GTA V dengan lancar tanpa merasakan lag.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian di atas bisa disimpulkan bahwa Notebook bertenaga prosessor AMD APU A10 merupakan Notebook yang terbukti handal untuk menjalankan game dengan spesifikasi berat seperti GTA V. Namun tidak berhenti disana, Anda masih bisa meningkatkan performa Notebook berbasis AMD lebih tinggi lagi dengan melakukan upgrade RAM ke 8GB Dual Channel. Dengan melakukan hal tersebut main game GTA V atau bahkan game berat lain sekalipun akan terasa lebih smooth karena performa mampu meningkat hingga berkali lipat. Apalagi mengingat recommended requirement game berat masa kini kebanyakan sudah mencapai 8GB sehingga sudah menjadi syarat yang mungkin tidak bisa dielakkan  lagi untuk bisa menikmati performa gaming yang memuaskan.
Jadi sesuai dengan hasil pengujian di atas, tidak perlu merasa ragu lagi ya untuk segera menikmati keseruan game menantang ini yang sudah terbukti lancar berjalan pada Notebook bertenaga AMD APU A10 milik Anda. Semoga artikel ini juga bisa memberi pencerahan bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi Notebook terbaik untuk jalankan aplikasi dan game terkini dengan lancar.
Nantikan terus artikel lainnya yang tak kalah menarik dari AMD dan selamat bermain GTA V!


http://www.amd-id.com/2015/06/buktikan-kemampuan-notebook-amd-apu-a10-dengan-libas-gta-v/

0 Response to "Buktikan Kemampuan Notebook AMD APU A10 dengan Libas GTA V!"

Post a Comment