BIAYA BIAYA KULIAH STAN

Biaya-biaya Kuliah di STAN - Sudah menjadi rahasia umum kalau STAN membiayai semua biaya perkuliahan. Kuliah gratis. Ya, begitulah memang kenyataannya. Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk uang gedung, apalagi biaya SPP persemester.

Untuk biaya kuliah yang notabene gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, ayo kita beralih pada biaya hidup sehari-hari yang ditanggung oleh mahasiswa STAN. Dibawah ini bisa dilihat rincian pengeluaran mahasiswa STAN pra kuliah, pasca kuliah, dan selama menempuh pendidikan di STAN Jakarta (Bintaro Utama Sektor V):


  1. Uang pendaftaran sebesar Rp150.000,- yang dibayarkan ketika mendaftar USM STAN.
  2. Iuran BEM sebesar Rp625.000,- untuk membayar jas almamater, UKM, penyelenggaraan Dinamika,dll. Dibayarkan pada saat Daftar Ulang STAN. Ada juga keringanan pembayaran bagi yang kurang mampu dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan asal tempat tinggal mahasiswa terkait.
  3. Pembayaran Wisuda STAN ketika sudah lulus, jumlahnya menyesuaikan setiap tahun sekitar Rp800.000-an. Jumlah ini termasuk kategori murah jika dibandingkan dengan wisuda di tempat lain. Fasilitas yang disediakan pun bagus, terlebih lagi tamu yang diundang pada acara wisuda adalah kalangan pejabat Kementerian Keuangan (Menteri Keuangan, Pejabat Eselon Kemenkeu, dsb).
  4. Biaya kosan ditanggung sendiri oleh mahasiswa. Perkiraannya antara 2,5-5 juta pertahun. Wilayah kos bagi mahasiswa juga relatif dekat dengan kampus. Seperti Ceger, Kalimongso, Sarmili, PJMI (Perumahan Jurang Mangu Indah), Pondok Jaya, dan Pondok Safari. Biaya kos pun setiap tempat berbeda. Untuk kos yang ditawarkan ada yang bulanan dan tahunan. Untuk bulanan biasanya berkisar dari 350rb-550rb. Untuk yang tahunan, berkisar dari 2,5-6 jt. Biaya kos yang berbeda-beda juga disesuaikan dengan fasilitas yang disediakan. Seperti ada tidaknya WiFi, AC, TV, dapur, kamar mandi dalam, dll.
  5. Untuk biaya makan dan kebutuhan lain, cukup standar. Rata-rata setiap bulannya antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Banyaknya tanggungan biaya hidup juga bergantung tipe mahasiswanya. Uang pulsa, nonton, jalan-jalan, dan biaya-biaya tak terduga untuk keperluan sehari-hari juga sudah menjadi tanggung jawab masing-masing mahasiswa.
  6. Untuk warung makan, banyak warteg(warung tegal) yang menyediakan makanan-makanan enak yang relatif murah. Berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000. Sesuai dengan kantong mahasiswa(anak kos)lah ☺. Hehe
  7. Seragam(kemeja polos dan rok(untuk wanita) hitam/warna gelap dan celana hitam/warna gelap), sepatu, tas adalah tanggung jawab mahasiswa sendiri.
  8. Buku-buku perkuliahan dan buku tulis disediakan gratis oleh lembaga Sekre STAN. Bahkan, tahun 2013 lalu, semua mahasiswa STAN diberi Alat Tulis Lengkap dari pihak Sekre STAN ☺
Disamping membantu orang tua dengan gratisnya biaya kuliah, banyak juga mahasiswa STAN yang berinisiatif bekerja sambilan untuk menambah penghasilan seperti mengajar privat untuk anak-anak sekolah di daerah sekitar Bintaro, membuka usaha bisnis, berdagang, dll.

Demikian informasi mengenai Biaya-biaya selama kuliah di STAN, semoga bermanfaat :)

0 Response to "BIAYA BIAYA KULIAH STAN"

Post a Comment