Tips Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU

| Categories: Tips and Tricks
Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh sebagian besar para PC gamers belakangan ini  adalah, “Komputer saya kuat gak yah mainin GTA V?”. Ya, game yang satu ini memang sedang menjadi trending topic hampir di semua forum IT dan komunitas gamers PC di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kecemasan pun hadir di benak para PC gamers yang ingin memainkan game GTA V ini pada PC kesayangannya. Dengan tingat kompleksitas dan luasnya dunia yang ditawarkan pada game GTA V ini, hal pertama yang terlintas adalah minimum requirement yang pastinya “gila-gilaan” untuk bisa memainkannya dengan lancar.
Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Kabar gembira bagi Anda PC Gamers yang menggunakan hardware berbasis APU AMD, karena game GTA V ini dapat berjalan optimal bahkan tanpa menggunakan VGA dedicated sekalipun loh! Gak sabar pengen main game ini? Tunggu dulu, ada baiknya temen-temen AMD-erz simak beberapa tips untuk bisa mengoptimalkan game GTA V ini pada hardware berbasis AMD APU, biar gamenya berjalan lebih lancar ;)

Gunakan Setidaknya APU A8 atau A10 Untuk Performa Terbaik

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Game GTA V ini mensyaratkan penggunaan prosesor minimal 4 Core/4 Thread. Penggunaan APU seri A8 dan A10 yang berbasis Quad Core sudah cukup untuk menangani kebutuhan game ini. GPU terintegrasi pada APU seri A8 dan A10 juga sudah sangat bertenaga bahkan untuk menjalankan setting High dengan resolusi cukup tinggi, terutama pada APU generasi terbaru yaitu Kaveri.

Memory Dual Channel Adalah Syarat Mutlak!

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Konfigurasi memory Dual Channel akan memberikan performa maksimal dari sebuah system berbasis APU. Semakin kencang kecepatan memory yang digunakan, akan semakin tinggi pula performa ekstra yang bisa diberikan oleh iGPU pada APU. Gunakan memory Dual Channel setidaknya dengan kecepatan 1866-2133 MHz atau lebih tinggi lagi. Untuk kapasitas 4GB sudah cukup, namun karena iGPU akan menggunakan memory system maka ukuran memory yang disarankan adalah 8GB (2x4GB).

Tingkatkan Size VRAM melalui BIOS Menjadi 2GB

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Secara default, iGPU pada APU akan menggunakan setting Auto untuk penggunaan jumlah VRAM yang akan dishare dari memory system, dengan jumlah berkisar 512MB-1GB. Sebagian besar motherboard AMD memberikan opsi pada BIOS untuk pengaturan jumlah VRAM secara manual. Ubah angka VRAM menjadi 2GB jika Anda ingin menjalankan game ini pada resolusi diatas 720p dan setting grafis High.

Update Driver Catalyst Terbaru

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Pada saat artikel ini ditulis, AMD telah merilis driver Catalyst terbaru yaitu seri Catalyst 15.4 Beta yang khusus dibuat untuk mengoptimalkan performa game GTA V ini. Pastikan PC Anda telah terinstall driver Catalyst terbaru ini, dan jika suatu saat ada driver resmi yang lebih baru lagi, jangan ragu untuk segera melakukan update, terutama versi final/WHQL.

Eksperimen dengan Setting Graphics GTA V

Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Lakukan uji coba kombinasi setting grafis yang menurutmu paling nyaman dimainkan, baik dari segi tingkat kualitas grafis maupun jumlah FPS (Frame rate per Second) yang dihasilkan. Game dapat dengan nyaman berjalan minimal dengan rata-rata 30 FPS atau lebih.
Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Contoh acuan sebuah AMD APU A10-7850K dengan memory 8GB Dual Channel 2400MHz dapat menjalankan GTA V menggunakan resolusi 720p (1366×768) tingkat detail normal, pada frame rate yang cukup tinggi berkisar 50-60 lebih FPS, dan Anda dapat menikmati gameplay yang sangat mulus.
Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU
Namun jika Anda menginginkan kualitas gambar yang lebih baik, sebuah AMD APU A10-7850K dapat menggunakan setting resolusi hingga 1600x900p, tingkat detail mayoritas High dengan FXAA, dan frame rate yang dihasilkan berkisar 32-35 FPS, angka ini masih masuk kategori cukup nyaman dimainkan, atau setara dengan frame rate yang dihasilkan pada console namun dengan kualitas grafis lebih baik.

Masih Kurang Puas dengan Performa PC Mu? Saatnya Overclock!*

Keunggulan prosesor AMD dibandingkan kompetitor pada range harga dibawah 2juta-an, mayoritas prosesor AMD memiliki kebebasan untuk di-overclock untuk mendapatkan performa lebih tinggi lagi. Misalnya sebuah AMD APU A10-7850K masih bisa di-overclock pada tingkat aman sekitar 4,3-4,5 GHz dan Anda bisa mendapatkan performa ekstra sekitar 10-20%.
*Gunakan pendingin berkualitas baik (bukan bawaan), pastikan suhu selalu terjaga. Jika masih belum mengerti tentang overclocking sebaiknya minta arahan teman Anda yang sudah berpengalaman.
Demikian beberapa tips untuk mengoptimalkan Game GTA V pada hardware AMD APU Anda untuk ciptakan pengalaman bermain yang seru dan tak terlupakan, selamat mencoba! Nantikan juga ya tips mudah lainnya khusus untuk Anda pencinta perangkat AMD.

Sumber : http://www.amd-id.com/2015/04/tips-mengoptimalkan-game-gta-v-pada-amd-apu/

0 Response to "Tips Mengoptimalkan Game GTA V pada AMD APU"

Post a Comment