AMD Siapkan Prosesor dengan Grafis Gahar


http://images.detik.com/content/2015/04/02/317/amd_kaveri_a107800.jpg prosesor amd
Jakarta - Meski tak seseksi dulu, pasar desktop PC dipastikan masih menyimpan daya tarik tersendiri. Selain Intel yang baru saja melengkapi varian prosesor, kini giliran AMD yang disebut tengah menyiapkan prosesor Accelerated Processing Unit (APU) dengan kemampuan grafis gahar.

Kabarnya, grafis yang masih dalam tahap pengembangan itu mengusung sandi Greenland. Informasi lainnya juga menyebut Greenland akan mengandalkan teknologi High Bandwidth Memory (HBM) dan menggunakan proses pabrikasi 16 nm atau 14 nm.

Bila benar, artinya chip grafis tersebut memang menjanjikan performa gahar. Karena seperti diketahui, semakin kecil pabrikasi sebuah chip maka semakin banyak transistor yang bisa dijejali di dalam satu chip (die). Yang mana hal itu berujung pada performa yang semakin tinggi.

Informasi lain yang menarik adalah Greenland juga dibilang berpeluang jadi chip grafis generasi selanjutnya AMD. Berarti selain dibenamkan di prosesor APU, Greenland berpeluang hadir sebagai kartu grafis sendiri.

Bahkan ada yang menyebut Greenland merupakan cikal bakal Radeon 400 yang kemungkinan besar akan dirilis AMD tahun 2016 nanti. Meski begitu informasi tersebut masih sangat sulit dipastikan. Alasannya seperti detikINET kutip dari VR-Zone, Kamis (2/4/2015), Radeon 400 dikatakan memiliki sandi Artic Islands, bukannya Greenland.

Adapun prosesor APU yang akan dibenamkan chip grafis Greenland, menurut rumor yang beredar adalah AMD K12. Prosesor ini sendiri disebut-sebut akan dirilis AMD pada tahun 2016 mendatang, yang mana prediksi tersebut sejalan dengan kehadiran Radeon 400.

Jadi apakah berarti Greenland adalah cikal bakal Radeon 400? Dengan minimnya informasi saat ini, sepertinya hal itu masih sangat sulit dipastikan sampai ada kabar selanjutnya.

0 Response to "AMD Siapkan Prosesor dengan Grafis Gahar"

Post a Comment