Tips memilih kartu GRAFIS DIBAWAH 1juta

Memilih Kartu Grafis Terbaik dengan Budget di bawah 1 Juta Rupiah!


push-performance-with-AMD-Radeon
Kartu grafis kelas entry level tidak dipungkiri merupakan kelas kartu grafis yang memiliki jumlah pengguna paling besar di pasaran. Dengan harga yang relatif terjangkau pada kisaran di bawah satu juta Rupiah, pengguna PC saat ini sudah bisa mendapatkan kartu grafis dengan performa yang mumpuni untuk menjalankan berbagai game saat ini, asalkan cukup teliti dalam memilihnya.
AMD-Radeon-entry-level-murah
Apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kartu grafis kelas entry-level ini agar tidak berujung pada kekecewaan? Simak artikel berikut ini:

64 bit vs 128 bit

Benarkah sebuah VGA dengan memory 64 bit bisa menandingi performa VGA dengan memory 128 bit? Secara teori tentu saja pernyataan tersebut cukup menyesatkan, kecuali jika memang dari segi spesifikasi lain seperti misalnya jumlah GPU/Shader Core yang dimiliki VGA 64 bit ini lebih banyak sehingga bisa berjalan lebih kencang. Namun faktanya, semakin besar jumlah bit memory pada sebuah VGA akan menghasilkan bandwidth memory yang lebih tinggi dan berimbas pada performa yang semakin baik. Jadi, pastikan pilih VGA dengan memory minimal 128 bit untuk performa yang maksimal.

GDDR5 1GB VS GDDR3 2GB

“Semakin besar jumlah VRAM pada VGA, maka semakin bagus performa VGA tersebut?” Mitos yang satu ini masih banyak dipercayai oleh sebagian besar pengguna dan bahkan penjual komputer sekalipun. Faktanya performa dari sebuah VGA dimotori oleh seberapa kuat GPU-nya, lalu semakin tinggi spesifikasi GPU pada VGA tersebut, maka dibutuhkan VRAM yang besar untuk menampilkan aplikasi/game pada resolusi dan tingkat detail grafis yang tinggi. Namun untuk sebuah VGA kelas entry-level, jumlah VRAM besar hingga 2GB tidak akan terpakai dengan optimal, mengingat game yang akan dimainnkan tidak akan berjalan pada setting Ultra dan resolusi di atas 1920×1080, maka VRAM 1GB sudah lebih dari cukup. Namun sebaliknya jenis memory GDDR5 akan memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan memory GDDR3 walaupun jumlah VRAM-nya lebih kecil.

Pilih VGA dengan GPU Generasi Terbaru

Pastikan VGA yang akan Anda beli merupakan VGA dengan GPU generasi terbaru untuk mendapatkan pengalaman terbaik. Selain dari segi performa yang lebih baik dan juga efisiensi daya yang lebih optimal, VGA dengan GPU terbaru akan mendapatkan dukungan berbagai fitur dan spesifikasi yang jauh lebih update dan lengkap untuk menunjang performanya, seperti misalnya pada VGA Radeon R7-series sudah dilengkapi dengan interface PCI-E Gen 3.0 yang lebih optimal, dimana kompetitor yang sekelas masih menggunakan PCI-E Gen 2.0 yang sudah tertinggal. Lalu dari segi arsitektur, VGA Radeon R7-series sudah mengadopsi arsitektur GCN (Graphics Core Next) yang memungkinkan VGA ini menjalankan API eksklusif AMD Mantle, dan APP Acceleration (komputasi menggunakan GPU).

Memilih VGA Di Bawah 1 Juta Rupiah dengan Performa Terbaik

Dengan budget di bawah 1 juta Rupiah, terdapat beberapa pilihan kartu grafis dengan rentang harga sekitar 700-800 ribu Rupiah yang bisa menjadi pertimbangan saat ini, yaitu:
  • AMD R7 240 1GB 128bit GDDR5
  • NVIDIA GT 730 1GB 64bit GDDR5
  • AMD R7 240 2GB 128bit GDDR3
  • NVIDIA GT 730 2GB 128bit GDDR3
Untuk menentukan kartu grafis mana yang memiliki performa terbaik, pada artikel ini akan diujikan salah satu game PC terpopuler yang memiliki jumlah pemain terbanyak di dunia, yaitu DOTA 2.
Game ini cukup mewakilkan sebagai game wajib pada PC baik bagi para gamer rumahan ataupun pada Game Center. Game gratis DOTA2 ini juga dinilai cukup netral dan tidak “memihak” produsen hardware manapun, dengan menggunakan basis Source Engine yang telah digunakan pada berbagai game besutan Valve miliknya.
Adapun detail grafis yang digunakan adalah:
Resolusi Full HD 1920×1080, dengan setting Video Advanced tertinggi (semua efek ON), kecuali VSync Off agar frame rate masih bisa melewati 60 FPS.
Spesifikasi PC yang digunakan untuk pengujian ini adalah:
Test bed:
  • Processor: A10-7850K Kaveri
  • Motherboard: Gigabyte A88X G1.Sniper
  • RAM: Corsair Vengeance 2x4GB 1600 CL9
  • Storage: SSD Corsair 120GS
  • PSU: XFX 700Watt

Hasil Pengujian

Hasil-uji-Radeon-Dota-2
Hasil-uji-Radeon-vs-Nvidia-Dota-2

Kesimpulan

Radeon-entry-level
Kartu grafis dengan performa terbaik pada rentang harga 700-800 ribu Rupiah layak diberikan kepada AMD R7 240 1GB 128bit GDDR5, yang berhasil mengalahkan kompetitornya NVIDIA GT 730 1GB 64bit GDDR5 (Kepler) dengan perbedaan performa sekitar 10-15%. Lalu dibawahnya, AMD R7 240 2GB 128bit GDDR3 berhasil memukul telak kompetitornya NVIDIA GT 730 2GB 128bit GDDR3 (Fermi) dengan perbedaan performa yang sangat signifikan.

Dual graphics A10 7850K+R7 240 1GB GDDR5

  • Minimum FPS: 42
  • Average FPS: 61
  • Maximum FPS: 72
Radeon -R7-240-dual-graphic-APU
Kabar baik lainnya bagi Anda pengguna R7 240/250 yang menggunakan prosesor APU berbasis Kaveri, dapat memanfaatkan fitur Dual Graphics yang hanya dimiliki AMD. Konfigurasi R7 240/250 ditambah dengan APU Kaveri ini dapat memberikan performa hingga 95% lebih tinggi, dibandingkan dengan konfigurasi non Dual Graphics, seperti misalnya kombinasi Intel Core i3/i5 (HD 4600) + NVIDIA GT 730 yang dipastikan keduanya tidak dapat memberikan benefit performa tambahan.

0 Response to "Tips memilih kartu GRAFIS DIBAWAH 1juta"

Post a Comment