Cara Menemukan Model dan Manufaktur Kartu Grafis AMD

Mengetahui model perangkat kartu grafis khususnya buatan AMD wajib hukumnya jika Anda ingin menginstal driver terbaru. Selain itu, informasi model dan manufaktur kartu grafis juga berguna jika komputer tiba-tiba “ngambek” atau ingin mengklaim garansi pun membutuhkan informasi tersebut.
Lalu gimana sih caranya mengetahui model dan manufaktur kartu grafis AMD? Tidak sulit, ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan, antara lain:
AMD Catalyst Control Center
Cara pertama untuk mengetahui model dan manufaktur kartu grafis AMD adalah melalui AMD Catalyst Control Center, caranya buka Start Menu dan pilih Search. Di kotak pencarian ketikkan AMD Catalyst Control Center kemudian klik ikon berlabel AMD Catalyst Control Center di hasil pencarian.
Setelah AMD Catalyst Control Center terbuka, perhatikan mode yang ditampilkan. Jika mode standar yang Anda lihat, maka temukan menu Information – Product Summary – Hardware. Di bagian tersebut Anda akan temukan informasi model dan manufaktur kartu grafis.
catalyst control1
Sementara jika AMD Catalyst Control Center ditampilan dalam mode Advance, klik menu tab Information di sebelah kiri layar Anda kemudian klik Hardware, di menu ini informasi yang Anda butuhkan dapat ditemukan.
catalyst control2
Device Manager
Untuk mendapatkan informasi model dan manufaktur kartu grafis, Anda juga bisa menggunakan Device Manager yang sudah tersedia di sebagian besar perangkat komputer.
  • Klik tombol Start
  • Di bagian pencarian ketikkan Device Manager lalu temukan menu yang sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikkan.
Selanjutnya jendela seperti gambar di bawah ini akan ditampilkan di layar komputer Anda. Klik Display Adapter untuk membuka opsi dropdown menu, selanjutnya klik dua kali untuk memperoleh informasi lebih lanjut.
explorer
Kotak Kemasan dan Kartu Grafis
Alternatif ketiga, coba cari dan temukan informasi model serta manufaktur kartu grafis AMD di kotak packaging asli perangkat. Karena informasi terkait keduanya pasti ada di kemasan komponen.
radeon box

Di kartu grafis yang saat ini Anda gunakan pun seharusnya ada informasi model dan manufaktur, biasanya tercantum di antara susunan barcode. Namun jika perangkat masih dalam kondisi berjalan, tentu cara ini sulit untuk dilakukan.
VGA

Subsystem Vendor ID dan Device ID Kartu Grafis
Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengetahui model dan manufaktur kartu grafis  adalah dengan menggunakan Subsystem Vendor ID dan Device ID. Namun opsi ini hanya dapat digunakan di system yang tidak terpasang driver grafis.
  • Klik tombol Start dan ketikkan System Information di kotak pencarian.
  • Klik System Information di hasil pencarian, kemudian pilih Components– Display.
windows exp

    • Catat kode PNP Device ID yang ditampilkan di layar, anggap saja kodenya seperti ini: PCI\VEN_1002&DEV_9802&SUBSYS_21DF17AA&REV_00.
    • Perhatikan nilai pada karakter DEV dan SUBSYS, maka didapat Device ID 9802 dan Vendor ID-nya 17AA. Untuk melihat manufaktur perangkat, cocokan Vendor ID dengan tabel di bawah ini.
Subsystem Vendor ID

Manufacturer
 1043
196D
1092
18BC
1458
17AF
16F3
1462
174B
148C
1545
1682
1025
106B
1028
107B
103C
17AA
104D
1179
ASUSTeK
Club 3D
Diamond Multimedia
GeCube
Gigabyte
HIS
Jetway
MSI
Sapphire
PowerColor
VisionTek
XFX
Acer
Apple
Dell
Gateway
HP
Lenovo
Sony
Toshiba

  • Sementara untuk melihat model perangkat, Anda harus menggunakan bantuan web http://www.pcidatabase.com, ketikkan Device ID yang tadi sudah didapat, jangan lupa untuk menambahkan prefiks 0x di depan Device ID lalu tekan tombol Search.
image013
  • Hasilnya akan seperti ini
image015
Cukup banyak opsi yang bisa Anda lakukan untuk menemukan model dan manufaktur kartu grafis AMD, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber : http://j.gs/9210674/sumber2

0 Response to "Cara Menemukan Model dan Manufaktur Kartu Grafis AMD"

Post a Comment