teknologi tercanggih

komputer tercepat di dunia



Negeri Paman Sam Amerika Serikat bukan lagi satu-satunya negara yang memiliki teknologi informasi komputer tercanggih saat ini. Selain mulai tergusurnya negeri adidaya ini dari panggung negara penguasa ekonomi dunia. China membuat Amerika Serikat semakin tertinggal di belakang negeri tirai bambu ini. Penyebabnya adalah dengan kehadiaran teknologi komputer tercanggih milik China.



Bukan hanya teknologi komputer tercanggih di dunia bahkan komputer yang dimiliki China dapat mencapai 40 kali lebih cepat dari komputer super cepat yang dimiliki Amerika Serikat saat ini. Kecepatannya tersebut telah mengukuhkannya sebagai teknologi komputer tercanggih saat ini.

Teknologi Komputer Tercanggih Tianhe-1A



Teknologi komputer tercanggih yang dimiliki Cina saat ini diberi nama Tianhe-1A. Tianhe 1A telah memecahkan rekor dengan melakukan kalkulasi secepat 2000 triliun dalam satu detiknya. Jangan kaget dengan biaya proyek untuk membuat teknologi komputer tercanggih ini.

Cina membutuhkan Lima Puluh Juta Euro dan mempekerjakan dua ratus teknisi dengan dua tahun masa pengerjaannya. Komputer Tianhe-1A juga harus menggunakan 103 buah pendingin.

Tianhe-1A mampu mencapai kecepatan hingga 2507 petaflop yang melebihi saingannya terdahulu The Cray XT5 Jaguar milik departemen energi Amerika Serikat.

Sebutan Tianhe1A sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti dalam bahasa Indonesia adalah Bima Sakti. Tianhe-1A apabila dibandingkan dengan komputer biasa yang ada dipasaran saat ini unggul diatasnya dengan kemampuannya 14000 kali powerdalam pemrosesan data.

Jumlah prosesor grafisnya berjumlah 7000 buah sama dengan jenisnya yang biasa digunakan untuk bermain video games di komputer biasa, dengan 7000 buah grafis prosesor maka bisa dibayangkan bagaimana kecepatannya.

Kelebihan yang patut diacungi jempol adalah meskipun memiliki teknologi supercepat didunia, komputer ini tidak melupakan bagaimana menghemat energi. Universitas Nasional China adalah tempat membuat proyek komputer teknologi tercanggih ini melalui jurusan teknologi pertahanan. UNC terletak di utara kota Tianjin dari pelabuhan.

Fungsi Tianhe 1A bagi Cina dipergunakan untuk badan meteorologi dan geofisika miliknya. Dengan spesifikasinya adalah untuk melihat mempelajari cuaca di Cina. Selain itu digunakan juga untuk mampu membantu meningkatkan perkembangan industri minyak.

Selain itu investor perdagangan saham di wallstreet juga mempergunakannya untuk memproses 24 jam perdagangannya menggunakan bantuan komputer supercepat sejenis Tianhe-1A. Bukan tidak mungkin sebentar lagi mereka akan memesan komputer Tianhe 1A ini. Posisi Amerika Serikat akan sangat dilematis ke depannya apabila ini benar-benar terjadi dan Cina akan beralih menjadi pusat teknologi dunia.

0 Response to "teknologi tercanggih "

Post a Comment